Ternyata Ada Candi di Cipanas Cianjur

Candi Tridharma Pacet Cianjur

Padahal hampir setiap tahun sering bolak-balik ke Cipanas Cianjur Puncak, tetapi baru tahu kalau di Cipanas Cianjur ada sebuah candi. Candi tersebut diberi nama Candi Tridharma. Tapi candi ini berbeda dengan candi-candi yang ada di Indonesia pada umumnya yang dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. 

Candi Tridharma atau Vihara Bumi Tridharma ini, menurut penjaga candi dibangun pada tahun 1995. Awalnya bangunan ini akan digunakan untuk tempat ibadah umat budha atau vihara yang berbentuk candi, tetapi karena belum mengantongi izin dari pemerintah setempat dan mendapat penolakan dari warga setempat akhirnya pembangunan candi ini dihentikan.

Stupa Candi Tridharma

Keadaan Candi Tridharma saat ini memang tidak terurus dengan baik, batu-batunya sudah berlumut dan bagian bawah candi atau ruangan yang awalnya akan digunakan untuk sembahyangpun terbengkalai. Ubin lantainya berserakan dan bagian atasnya beberapa besinya ada yang jatuh ke bawah. 

Candi Tridharma ini berada di Jl. Gunung Putri Desa Sukatani Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung bisa melalui jalan Pasar Cipanas atau Pasir Kampung. Tapi sayangnya jika Anda menggunakan kendaraan roda empat tempat parkirnya agak sulit. Lokasi ini tidak jauh dari Pos pendakian ke Gunung Gede Prangrango yang ada di Desa Sukatani.

Candi Tridharma
Pemandangan dari Candi Tridharma ini sangat indah, hamparan perkebunan sayur-sayuran, dan perbukitan yang ada di sekelilingnya menambah pesona candi ini. Jika cuaca cerah maka Gunung Gede Pangrango sangat jelas terlihat karena candi ini persis berada di kaki gunungnya. 
Candi ini lebih sering dipakai untuk foto selfie para remaja, karena pengunjung seperti berada di Candi Borobudur Yogyakarta. Hanya yang membedakan bangunan candi Tridharma lebih kecil sedangkan Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia.  

Bagian dalam candi Tridharma
Untuk masuk ke candi ini, pengunjung cuma membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000,- saja dan bagi pengguna sepeda motor bisa memarkirkan motornya tidak jauh dari candi Tridharma sehingga tidak khawatir hilang atau dicuri orang. 

Pemandangan sekitar Candi Tridharma

Sebenarnya candi ini bisa dijadikan obyek wisata yang menarik dan akan banyak dikunjungi wisatawan jika pemilik tanah atau pengelola candi tersebut membuka diri. Nah jika Anda penasaran dengan Candi Tridharma ini silakan lihat videonya di sini :

Related Posts:

0 Response to "Ternyata Ada Candi di Cipanas Cianjur "

Post a Comment