√ Curug Cibeet Air Terjun di Perbatasan Cianjur dan Bogor - Perlu Piknik

Curug Cibeet Air Terjun di Perbatasan Cianjur dan Bogor

Curug atau Air Terjun Cibeet (Dok. Didno)

Waktu yang cocok untuk liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta bisa dilakukan dimana saja, bisa di pantai, gunung, hutan atau tempat lainnya. Tetapi jika ingin menikmati gemericik air dan tenangnya suasana tentu datangnya ke obyek wisata alam seperti air terjun.

Salah satu air terjun yang layak disambangi adalah Curug Cibeet. Curug atau air terjun ini berada di Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sumber air dan wilayah di sekelilingnya ada yang sudah masuk ke Desa Sukawangi Sukamakmur Bogor.

Petunjuk Arah Menuju Curug Cibeet (dok. Didno)

Untuk sampai ke lokasi ini Anda bisa melalui jalan alternatif Cipanas Jonggol atau yang dikenal Jalan Puncak Dua. Jalannya masih berbatu dan berlubang sepanjang lebih dari 5 km. Tetapi bagi Anda yang suka dengan petualangan tentu menyukai medan ini.

Jalan menuju ke Curug Cibeet (Dok. Didno)

Selepas Kampung Cidaweung, Anda akan menemukan pertigaan lurus ke atas dan belok ke Kanan. Jalan yang lurus dan terbilang terjal adalah jalan menuju Curug CIbeet ada tulisan Lokasi Curug Cibeet, sementara jalan ke kanan adalah jalan ke Arca dan Jonggol.

Pemandangan menuju Curug Cibeet (Dok. Didno)

Tidak terlalu jauh dari jalan terjal tadi ada lapangan parkir untuk mobil dan sepeda motor. Kalau jalan ke tempat ini pada hari libur dipastikan ada pengelola parkirnya tetapi saat datang pada saat bukan liburan tidak yang menunggu dan semuanya gratis termasuk tiket masuk ke lokasi air terjun.

Perkebunan sayuran dan bunga di sekitar Curug Cibeet (Dok. Didno)

Untuk menuju ke lokasi air terjun Anda harus berjalan sejauh 800 meter atau hampir 1 km tetapi karena jalannya menanjak lumayan untuk olahraga kaki untuk menuju ke lokasi air terjun. Tetapi Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan bukit lemo yang masih hijau dengan para petani bunga dan sayuran yang ada di sekelilingnya.

Taman Pinus (Dok. Didno)

Sepeda motor sebenarnya bisa menuju mendekati ke lokasi air terjun Cibeet tetapi jika hujan atau setelah hujan tidak bisa dilalui karena jalannya masih belum diaspal. Tetapi ini sebenarnya sangat baik untuk Anda untuk berolahraga khususnya jalan kaki.

Mushola di sekitar Curug Cibeet (Dok. Didno)

Setelah mendekati lokasi air terjun Anda akan menikmati hamparan pohon pinus yang membuat daerah dekat air terjun menjadi rindang. Tempat ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga untuk makan bersama dengan menggelar tikar di bawahnya. Tersedia juga mushola dan tempat wudhu di sekitar curug Cibeet.

Curug Cibeet (Dok. Didno)

Aliran air yang ada di sungai ini menambah keindahan suasana air terjun Cibeet yang masih perawan ini. Air terjun Cibeet tingginya diperkirakan 20 meter tetapi masih nampak alami karena belum banyak kotoran dan sampah di sekitar air terjun ini.

Kurangnya wisatawan ke tempat ini bisa dimaklumi karena akses menuju lokasi ini sangat sulit terutama jalannya yang masih berbatu dan berlombang hingga berkilo-kilo meter. Padahal salah satu pendorong meningkatnya pariwisata adalah akses jalan yang memadai.

Get notifications from this blog