Home » , » Menikmati Taman Wisata Air Panas Guci Tegal

Menikmati Taman Wisata Air Panas Guci Tegal

Guci Tegal Jawa Tengah

Kabupaten Tegal Jawa Tengah, beruntung memiliki obyek wisata alam air panas Guci yang terletak di Kecamatan Bumijawa. Air panas Guci ini tidak pernah surut, karena merupakan air alami yang mengalir dari Gunung Slamet. 

Obyek wisata Guci selalu menjadi obyek wisata andalan yang banyak dikunjungi pada saat akhir pekan, liburan sekolah, lebaran dan pergantian tahun. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak hanya datang dari kabupaten Tegal saja tetapi juga dari kabupaten lain bahkan dari provinsi lain.

Sungai di Guci

Pemandian air panas Guci memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah obat rematik, penyakit kulit seperti kurap, gatal-gatal dan lain-lain. Bagi yang memiliki penyakit tersebut sebaiknya berendam beberapa menit di aliran sungai atau pancuran yang banyak terdapat di obyek wisata Guci. 


Menariknya untuk masuk ke obyek wisata Guci, tiket masuknya sangat terjangkau yakni hanya sebesar Rp.5.000,- per orang pada hari biasa dan Rp.7.000 pada saat akhir pekan. Tetapi kalau pengunjung yang ingin berendam di kolam renang atau tempat bilas khusus ada tambahan lagi tetapi biayanya tidak terlalu mahal. 

Salah satu pancuran di Guci

Ada beberapa tempat yang menjadi tempat mandi para wisatawan diantaranya adalah sepuluh air terjun, tujuh pancuran, tiga belas pancuran, dan juga lima pancuran. Pemberian nama tersebut tentu sesuai dengan jumlah pancurannya. 

Pengunjung bisa mandi sepuasnya di sungai, pancuran atau air terjun yang ada di taman wisata air panas Guci tersebut. Tetapi bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu disarankan tidak boleh mandi atau berendam terlalu lama.
Bersama anak di Taman Wisata Air Panas Guci

Air panas yang ada di obyek wisata Guci ini berbeda dengan air panas yang ada di Ciater Subang Jawa Barat atau tempat lainnya yang bau belerangnya lebih menyengat sehingga secara kesehatan air panas di Guci lebih aman untuk pernafasan. 

Air panas Guci ini memang tidak terlepas dari cerita dan Mitos tentang Walisongo. Banyak pengunjung yang mandi di pancuran tertentu harus merasakan dari satu pancuran ke pancuran yang lainnya. Mereka percaya dengan mandi di semua pancuran akan mendapat berkah. 

Obyek wisata Guci

Selain wisata air panas, kini Guci memiliki beberapa wahana yang baru diantaranya adalah wahana kereta gantung yang melintasi dari satu bukit ke bukit lain yang melintasi sungai yang ada di Guci. Walaupun tidak seperti kereta gantung yang ada Taman Mini Indonesia Indah tetapi wahana ini tetap menjadi hal yang menarik di Guci. 

Ada juga wahana sepeda angkasa dengan pemandangan tulisan Taman Wisata Air Panas Guci. Pengunjung bisa melihat pemandangan dari atas dan dijepret oleh rekan atau petugas wahana dari sepeda angkasa tersebut. 

Penginapan di Guci

Jika Anda datang terlalu pagi atau kemalaman di lokasi ini, Anda bisa menginap di hotel atau penginapan yang berjejer sepanjang jalan menuju lokasi wisata Air Panas Guci Tegal. Harganya pun relatif terjangkau dari Rp.150.000 – Rp.700.000,-. Itulah kehangatan taman wisata air panas Guci Tegal yang akan membuat Anda segar kembali setelah pulang dari tempat ini.

0 Comments:

Post a Comment