√ Berburu Sunrise di Pantai Panjiwa Kandanghaur Indramayu - Perlu Piknik

Berburu Sunrise di Pantai Panjiwa Kandanghaur Indramayu

Matahari Terbit di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Bumi Indramayu ternyata memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah pantainya. Selain pantai Karangsong, Tirtamaya, Balongan dan Eretan, kini ada obyek wisata baru yang sedang ngehits banget di Indramayu namanya Pantai Panjiwa Sumber Mas.

Pantai Panjiwa Sumber Mas ini terletak di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Indramayu. Sebenarnya tidak jauh dari jalur pantura Jakarta Cirebon, hanya saja jalan menuju ke lokasi ini belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat hanya bisa dilalui oleh pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

Suasana Pantai Panjiwa Pada Hari Libur (Dok. Didno)

Perjalanan dari jalan pantura hingga ke lokasi pantai kurang lebih 1,5 km dengan melewati empang-empang, melintasi sungai kecil dan pemandangan tanaman mangrove yang ada di sepanjang sungai menuju ke lokasi Pantai Panjiwa Sumber Mas.
Sunrise di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Untuk bisa menikmati saat-saat sunrise atau matahari terbit, pengunjung harus datang lebih awal sekitar pukul 05.30 untuk mencari spot yang tepat untuk mengambil gambar saat matahari terbit. Tetapi tentu sambil berharap cuaca cerah dan tidak ada mendung yang mengelayuti saat matahari terbit.
Hutan Mangrove Panjiwa (Dok. Didno)

Deburan ombak dan sejuknya udara pagi sangat bagus untuk pernapasan. Berjalan di sepanjang pantai sambil melihat binatang kecil yang berlarian kesana kemari menambah keindahan dari Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur.

Padang Rumput di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Panjang garis pantai Panjiwa Sumber Mas sangat panjang dengan hamparan pasir yang luas sehingga sangat cocok untuk bermain pasir di pinggir pantai. Air lautnya tidak terlalu besar, selain itu pantainya sangat dangkal sehingga aman untuk berenang di laut.

Hamparan Mangrove di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Selain pantainya yang indah, di tempat ini juga terdapat hutan Mangrove yang cukup luas dan pohonnya berukuran lebih tinggi, lokasinya ada di sebelah timur dari pintu masuk Pantai Panjiwa. Spot ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi Anda penggemar fotografi.
Taman bacaan pada hari Minggu (Dok. Didno)

Jika Anda berkunjung ke Pantai Panjiwa Sumber Mas hari Minggu maka Anda akan menemukan lapak para penggiat literasi asal Kandanghaur yang bernama Dialetika Literasi yang menjajakan buku untuk dibaca secara gratis kepada pengunjung Pantai Panjiwa.

Renang di Laut (Dok. Didno)

Beberapa spot menarik lain adalah di sebelah Timur dari Pantai ini adalah hamparan rumput liar yang ada di pinggir pantai sebelah timur. Tempat ini sangat cocok bagi penggemar selfie yang sering mengupload gambarnya di media sosial karena hasilnya sangat menarik walaupun bukan seorang fotografer profesional.
Sewa Perahu (Dok. Didno)

Di pantai ini terdapat penyewaan ban untuk pengunjung yang akan berenang dengan harga yang terjangkau, selain itu ada juga jasa menggunakan perahu nelayan untuk berkeliling pantai Panjiwa Sumber Mas ini.

Suasana Pantai Panjiwa Sumbermas (Dok. Didno)

Obyek wisata ini masih sangat baru karena itu fasilitasnya masih terbatas seperti tempat bilas dan toilet yang masih sangat sederhana, dan akses jalan menuju ke pantai ini masih berupa jalan setapak yang belum diaspal sehingga saat turun hujan jalanan licin dan sulit dilalui. Dan pengunjung yang menggunakan mobil atau bus masih kesulitan untuk lahan parkir dan akses menuju tempat ini. 

Tetapi pengelola tempat wisata ini sangat welcome terhadap pengunjung dan masukan. Mereka berencana membuka jasa transportasi menggunakan perahu bagi pengunjung yang menggunakan mobil untuk menuju obyek wisata ini.

Get notifications from this blog