Sunday, November 21, 2021

Jalan-jalan ke Dusun Semilir Kabupaten Semarang

 

Dusun Semilir Bawen Semarang

Dusun Semilir - Walaupun hujan rintik-rintik tak menyurutkan langkah untuk memasuki obyek wisata Dusun Semilir yang berada Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.  




Dengan jalan tergesa-gesa, kami menuju loket pembelian tiket. Karena hujan maka tidak terlalu banyak antrian. Tiket masuk ke Dusun Semilir saat kami mengunjungi tempat ini sebesar Rp.35.000 dengan benefit voucher Rp. Makan di Super Penyet.


Setelah memasuki ruang utama yang ternyata pusat oleh-oleh atau cinderamata dari Dusun Semilir. Tidak hanya itu kita disuguhkan gamelan untuk kegiatan penyambutan tamu pada waktu-waktu tertentu. 


Pada sisi sebelah kiri, kita akan menemukan stand Warisan Indonesia, di tempat ini banyak ditemukan berbagai cinderamata yang boleh dibeli dari mulai baju batik, tas, hingga pernak-pernik khas dari berbagai daerah di Indonesia. 




Saat akan masuk ke beberapa spot wisata, hujan cukup deras. Karena jalan menuju jalur wisata lainnya menggunakan kayu vinyl maka sangat licin untuk dilalui. Tidak sedikit beberapa pengunjung yang terpeleset saat melalui jalan ini.  


Selepas melalui jalanan yang basah, akhirnya sampai di stand Sepoi-sepoi. Tempat ini berisi tempat makan dengan berbagai variasi menu baik lokal maupun makanan dari luar negeri. Di tempat ini sebenarnya bisa menukarkan voucher Ayam Penyet Rp.10.000 tersebut, tetapi sayangnya harus membeli paket minimal Rp.75.000 baru bisa mendapatkan potongan ayam penyet tersebut. 



Dari tempat ini kita bisa memilih tempat duduk, sayangnya saat akhir pekan banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Sehingga harus antri hanya untuk mendapatkan tempat duduk. Setelah beberapa menit mencari akhirnya mendapatkan tempat duduk dengan view yang cantik di teras. 


Kami dan keluarga menikmati masakan nasi goreng di teras dengan pemandangan yang indah. Nasi goreng yang disantap ternyata berukuran jumbo melebihi ekspektasi kami dan capcay rasanya standar saja.  

Nasi goreng jumbo

Capcay


Setelah puas bersantap, kami melanjutkan perjalanan Dusun Semilir. Di salah satu bagian terdapat wahana Srodotan bagi yang memiliki nyali tinggi, karena srodotannya memiliki ketinggian yang cukup membuat hati deg-degan. 




Saat menuruni tangga, terlihat beberapa rumah dengan bentuk yang unik kelihatannya akan digunakan sebagai tempat menginap atau hotel Dusun Semilir. Tetapi bangunan dan penataannya belum selesai semua. 


  

Di ujung tangga dan jalan yang dilalui ada sebuah jalan yang bernama Jalan Kenangan. Di jalan ini banyak toko-toko yang menjajakan makanan, minuman, es krim, boneka, dan oleh-oleh khas dusun semilir.  



Menariknya di tempat ini terdapat hiasan dari kertas yang memiliki fungsi peneduh serta hiasan karena memiliki warna-warna menarik seperti pelangi. Sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan di tempat ini.  


Setelah puas melintasi jalan kenangan, kami melanjutkan perjalanan hingga ke tempat bernama Omah Suwung. Bangunan yang berbentuk seperti rumah gadang ini ternyata digunakan wahana uji nyali. Tapi kalau Anda jantungan tidak disarankan masuk ke lokasi ini. 


Di sebelah kiri terdapat bangunan bernama Gang Enam, selain ada wahana permainan anak, terdapat berbagai toko yang menyediakan merchandise khas Korea. Sehingga lokasi ini cocok bagi rekan-rekan yang hobi dengan tradisi Korea.   


Sepanjang jalan di tempat ini terdapat tempat duduk untuk pengunjung yang kelelahan setelah mengitari Dusun Semilir. Oleh karena itu bagi Anda yang tidak kuat berjalan lebih baik menggunakan wahana kereta-keretaan. 


Tidak jauh dari tempat ini, terdapat beberapa bangunan prototipe yang berbeda-beda seperti bangunan Eropa dan lain-lain. Sehingga tempat ini banyak digunakan oleh pengunjung untuk berswafoto dan beristirahat.   


Itulah keseruan jalan-jalan di Dusun Semilir Kabupaten Semarang. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang akan menuju ke obyek wisata ini. 


0 Comments:

Post a Comment