√ Berburu Batik Paoman Oleh-oleh Khas Indramayu - Perlu Piknik

Berburu Batik Paoman Oleh-oleh Khas Indramayu

Carwati Pemilik Batik Senang Hati

Jika Anda pergi jalan-jalan ke Yogyakarta biasanya Anda akan pulang membawa oleh-oleh entah berupa makanan atau pakaian. Makanan khas Yogyakarta yang sering dibawa oleh-oleh untuk sanak keluarga atau teman-teman biasanya bakpia, dan salah pondok. Sementara untuk oleh-oleh barang biasanya berupakan batik khas Yogyakarta.

Begitu juga dengan Indramayu, selain makanan khas yang ada di Indramayu yakni mangga Indramayu, dodol mangga, emping tike, pedesan entog, ada juga barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara atau rekan-rekan setelah berkunjung dari Indramayu yakni Batik Paoman.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Indramayu memiliki batik khas yang berbeda dengan kota lain seperti Batik Trusmi Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Yogyakarta dan batik-batik lainnya yang ada di Indonesia. Batik khas dari Indramayu tersebut diberinama Batik Paoman. Karena mayoritas pengrajin batik tersebut berasal dari Desa Paoman.

Ada beberapa toko yang sudah ternama yang menjual batik Indramayu tersebut, salah satunya Senang Hati Batik Indramayu milik pengusaha asli Indramayu yakni Ibu Carwati Basuri. Produknya tidak hanya dijual secara langsung di tokonya yang berada di jalan Jl. Yos Sudarso 9A Karangturi Indramayu, tetapi dijual secara online melalui media sosial.


Saat ini dia mempekerjakan 40 pengrajin dan pegawainya yang mempunyai tugas menerima pesanan, menghandle dan mengirim pesanan tersebut ke seluruh Indonesia dan dunia. Batik miliki Ibu Carwati Basuri ini sering diikutsertakan dalam berbagai kegiatan seperti pameran baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Batik Senang Hati Indramayu terus mengikuti tren, Ia mengatakan bahwa batik Senang Hati harus bisa menjadi trensetter jangan hanya jadi pengekor. Dengan cara membuat desain batik yang cocok untuk wanita berhijab, anak muda, dan anak-anak. Motif dan desainnya disesuaikan dengan tren sekarang sebagai contoh batik casual yang bisa digunakan untuk segala suasana tidak hanya untuk acara formal saja tetapi bisa juga untuk acara-acara tidak resmi atau bahkan santai.


Batik Senang Hati Indramayu tidak hanya menjual kain batik saja, tetapi juga menjual baju atau pakaian batik untuk pria dan wanita dewasa, anak-anak dan aksesoris seperti dompet, sarung bantal, tas, bahkan selimut. Uniknya lagi dia bisa menerima masukan dari pelanggannya yang mempunyai ide desainnya sendiri. Sehingga pelanggan merasa puas dengan model dan kain batik buatannya.

Jadi kalau Anda berkunjung ke Indramayu jangan lupa membeli oleh-oleh ke Toko Batik Senang Hati Indramayu yang berada di Jl. Yos Sudarso 9A Karangturi Indramayu

Get notifications from this blog