√ Merasakan Sensasi Bak Petualang Ke Dalam Goa Pindul - Perlu Piknik

Merasakan Sensasi Bak Petualang Ke Dalam Goa Pindul

Foto bareng sebelum masuk ke Goa Pindul

Obyek wisata di Gunung Kidul yang satu ini semakin menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara. Salah satu buruannya adalah Wisata Goa Pindul yang mulai banyak diminati setelah muncul di salah satu iklan rokok dalam negeri.

Goa Pindul terletak di Desa Benjiharjo Gunung Kidul Yogyakarta. Jika Anda akan menuju obyek wisata ini tidak usah bingung karena banyak crew dari obyek wisata Goa Pindul yang disebar di sepanjang jalur utama pantai selatan ini.

Mereka akan menawarkan kepada para pengendara baik yang sedang mengisi bahan bakar, atau di sepanjang jalan dengan menggunakan sepeda motor. Mereka menawarkan berbagai paket menarik yang ada di Goa Pindul. Dari mulai menyusuri Goa Gelatik, Goa Pindul sendiri, Sungai Oyo dan goa-goa yang baru ditemukan di kawasan Goa Pindul. Para crew ini tidak akan meminta imbalan kepada wisatawan karena mereka akan mendapat fee dari pengelola.

Goa Pindul

Pada tulisan yang lalu saya sudah membahas tentang menyusuri Goa Gelatik. Kali ini saya akan menyusuri Goa Pindul. Saya bersama rekan-rekan mengambil paket seharga 115 ribu dengan tujuan Goa Gelatik, Goa Pindul dan rafting di Sungai Oyo.

Sebelum masuk ke Goa Pindul, para pengunjung diharuskan menggunakan jaket pengaman dan membawa ban untuk masuk ke dalam goa. Peserta akan dipandu oleh pemandu di Goa Pindul, jika pengunjungnya banyak akan dipandu oleh dua orang, jika sedikit hanya satu orang.

Para pemandu ini akan meminta para pengunjung untuk saling berpegangan agar tidak berpencar. Pemandu ini juga yang akan menarik ban para pengunjung mengunjungi Goa Pindul. Mereka akan menjelaskan beberapa bagian dari pintu masuk goa hingga pintu keluar goa.

Goa Pindul terdiri dari beberapa bagian, Goa Pindul dulunya hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu saja. Pada bagian pertama ada tangga yang terbuat dari besi menuju ke atas. Awalnya dibuat untuk mengambil air liur walet tetapi tidak terpakai karena waletnya takut sama pengunjung.

Goa Pindul baru dibuka untuk umum sejak tahun 2013 lalu sebelumnya diteliti oleh para mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta. Terdapat beberapa stalaktit dan stalagmite di dalam goa Pindul ada juga batu kristal dan batu tirai karena bentuknya seperti tirai ada yang masih aktif ada juga yang sudah tidak aktif.

Pada bagian dalam ada batu kuat yang dipercaya akan membuat pria lebih kuat. Batu ini memiliki bentuk seperti alat kelamin laki-laki. Selain itu ada juga stalaktit yang meneteskan air yang dipercaya akan membuat kaum hawa tambah cantik.


Di dalam goa Pindul ada beberapa tempat yang dulunya sering dijadikan tempat untuksemedi beberapa orang. Tetapi kini sudah tidak digunakan lagi karena ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pada bagian ini bagian yang sudah mulai menyempit karena stalaktitnya masih aktif sehingga pengunjung harus menekuk kakinya.

Keluar Goa Pindul

Ada juga bagian goa yang berlubang, bagian ini awalnya tertutup tetapi karena longsor akhirnya terbuka sehingga sinar matahari masuk ke celah tersebut. Pengunjung goa Pindul akan tampak jelas dan bisa berfoto ria di bawahnya.

Waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk menyusuri goa ini sekitar 25 – 30 menit. Setelah sampai diujung goa pengunjung bisa berenang menuju ke jalan ke atas. Anak kecil pun bisa menyusuri goa Pindul ini asal ditemani oleh orang tuanya. Selamat berlibur ya..

Get notifications from this blog

2 comments

  1. Mantep banget ini kang wisata goa nya.. jadi ingin ke sana.. tengkyu kang review-nya..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya

      Delete