√ Menyusuri Goa Gelatik di Kawasan Goa Pindul Gunung Kidul - Perlu Piknik

Menyusuri Goa Gelatik di Kawasan Goa Pindul Gunung Kidul

Di dalam Goa Gelatik 

Goa Pindul kini sedang menjadi obyek wisata yang sedang tren di Gunung Kidul Yogyakarta. Apalagi saat ini sedang memasuki liburan sekolah dan tahun baru. Setiap hari ribuan orang datang ke Goa Pindul untuk menyaksikan dari dekat keindahan alam Yogyakarta.

Goa Pindul sendiri terletak di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Handayani Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi kali ini saya akan menyusuri Goa Gelatik terlebih dahulu. Goa yang dahulunya digunakan untuk bertapa untuk menenangkan diri ini terletak di kawasan Goa Pindul.

Goa Gelatik panjangnya kurang lebih hanya 150 meter tetapi goa ini hanya memiliki satu pintu. Untuk menyusuri goa ini sebaiknya Anda memilih paket Goa Pindul, Goa Gelatik dan Rafting Sungai Oyo dan dipandu oleh Guide atau pemandu wisata dari Goa Pindul.

Foto bareng di dalam Goa Gelatik

Untuk masuk ke goa ini sebaiknya Anda melepas alas kaki atau sandal karena akan berbahaya saat berjalan di dalam goa. Anda disarankan menggunakan sepatu dan helm khusus untuk memasuki goa Gelatik ini.   

Untuk sampai di ujung Goa Gelatik Anda harus merunduk atau merayap. Ada bagian-bagian tertentu yang hanya cukup untuk tubuh kita sehingga kita harus hati-hati karena jika tidak hati-hati kepala dan bagian tubuh kita akan terkena stalaktit dan stalagmite dari Goa Gelatik.

Stalaktit atau bagian menonjol pada bagian atas goa ada yang masih aktif ada juga yang sudah tidak aktif. Bagian stalaktit yang masih aktif memiliki ciri masih ada tetesan air. Bagian ini akan terus bertambah dan bertambah lagi tetapi waktunya sangat lama.

Begitu juga dengan stalagmit  yakni bagian goa yang menonjol pada bagian bawah akibat tetesan air dari atas goa. Stalagmit terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Pertumbuhan stalagmit sangat lambat hanya beberapa sentimeter saja dalam setahun.

Menariknya ada beberapa bagian goa yang membentuk batu kristal terutama pada bagian atas. Sehingga pada saat terkena cahaya akan berkilauan. Ada yang masih aktif ada juga yang sudah tidak aktif lagi tetapi di dalam goa ini rata-rata masih aktif.

Setelah sampai di ujung goa kita akan menemukan banyak kelelawar yang bergelantungan di dalam langit-langit goa. Kelelawar ini tidak akan terusik oleh manusia yang datang berkunjung ke goa ini asalkan tidak berbicara dengan suara yang keras. Kelelawar di dalam goa ini merupakan kelelawar pemangsa serangga.

Di ujung goa Gelatik ini kita bisa foto bersama teman-teman atau keluarga kita. Untuk mendapatkan gambar yang bagus sebaiknya menggunakan flash light atau lampu baik pada smartphone atau kamera digital Anda.

Goa ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang dan kotor-kotoran karena dipastikan keluar dari goa ini, pakaian dan tubuh Anda akan terkena lumpur dari atau tanah yang ada di dalam goa. Tetapi kegiatan ini tentu sangat menyenangkan.

Get notifications from this blog