Monday, August 10, 2020

SHSD Ciganea Purwakarta, Rumah Makan Khas Sunda Dengan Nuansa Khas Pedesaan

Menu  Rumah Makan SHSD Purwakarta

Purwakarta secara geografis berada pada tiga titik temu yakni jalur utama lalu lintas yang strategis yakni jalur Purwakarta – Jakarta, Purwakarta Bandung dan Purwakarta Cirebon.  Selain itu akses menuju Purwakarta juga bisa menggunakan jalur tol Jakarta Cikampek atau melalui Tol Purbaleunyi melalui pintu Tol Jatiluhur. 

Bagi pengunjung yang menggunakan kereta api dari Jakarta melalui Bandung atau sebaliknya, bisa naik dan turun melalui stasiun Purwakarta. Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum seperti bus bisa melalui Terminal Ciganea Purwakarta.

Ada banyak destinasi atau tujuan wisata di Purwakarta seperti diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Air Mancur Taman Sri Baduga Situ Buleud
2. Galeri Wayang
3. Bale Panyawangan Diorama Nusantara
4. Tajug Gede Cilodong
Waduk Jati Luhur
5. Grama Tirta Jatiluhur 
6. Gunung Parang
7. Gunung Bongkok 
8. Puncak Gunung Lembu 
9. Desa Wisata Kampung Tajur 
10. Situ Wanayasa
11. Pasir Langlang Panyawangan
12. Taman Batu
13. Kolam Renang Jati Ritra Abadi
Giri Tirta Kahuripan
14. Giri Tirta Kahuripan
15. Cikao Park
16. Hidden Valley Hills 
17. Kuya Maranggi Water Park 
18. Green Valley Waterpark
19. Kahuripan Tirta Wanayasa 
20. Kampung Kahuripan Cirangkong
21. Curug Tilu
22. Curug Cipurut
23. Parang Gombong
24. Leuwi Cidomas
25. Saung Manglid
26. Bukit Panenjoan
27. Kampoeng Sadang
28. Bendungan Cirata
29. Sentra Keramik Plered
30. Adventur Point Alam Sari Wates 
31. Sate Maranggi Cibungur
Kampoeng Maranggi Plered
32. Kampoeng Maranggi Plered
33. Makam Syech Baing Yusuf
34. Makam Mama Sempur
35. Galeri Menong
Walaupun selama pandemic Covid-19 ada beberapa obyek wisata yang ditutup sementara. 

Bagi Anda yang suka dengan kuliner, Purwakarta tentu memiliki wisata kuliner yakni di Cibungur tepatnya di Rumah Makan H. Yetti, Kampoeng Maranggi di Plered dan ada lagi Rumah makan yang wajib Anda kunjungi yakni di Rumah Makan SHSD atau singkatan dari Sambal Hejo Sambal Dadak. 

Lokasi SHSD berada di Jalan Pemuda No.32 RT.20/RW6 Desa Mekargalih Kecamatan Jatiluhur Purwakarta. Lokasinya sangat strategis karena tidak jauh dari Pintu Tol Jatiluhur Purwakarta. Serta berada di jalan Purwakarta Bandung. 

Rumah Makan SHSD Ciganea Purwakarta, sudah ada sejak tahun 2004 lalu, dan Rumah Makan SHSD Purwakarta merupakan Rumah Makan SHSD pertama sebelum membuka cabang lain di Bekasi, Karawang, Bandung,  dan Jakarta oleh Pemiliknya bernama Bapak Kustoro.

Tempat pembayaran

Rumah Makan SHSD Ciganea Purwakarta memiliki konsep yang unik, yakni tradisional dan khas Sunda. Maka tidak heran rumah makan ini selalu dipenuhi pengunjung terutama pada hari Sabtu, Minggu atau Liburan. 

Pada bagian depan memang tidak terlihat istimewa karena rumah makan yang pada saat pertama dibuka hanya digunakan untuk parkiran depan saja, sedangkan selebihnya masuk ke dalam sehingga tidak terlihat oleh publik.

Ornamen roda pedati dan jendela tua

Pada bagian kiri terdapat beberapa ornamen seperti roda pedate, jendela-jendela kuno dengan warna-warni yang sangat khas. Kalau tidak banyak kendaraan, lokasi ini sangat cocok untuk foto karena instagramable banget. 

Leuit atau Lumbung Padi
Setelah masuk baru pengunjung akan merasakan nuansa pedesaannya. Ini terlihat dari beberapa bangunan yang disebut dengan Leuit  atau lumbung padi. 

Bangunan Utama

Ada beberapa bangunan utama untuk makan para pengunjung dengan arsitektur yang khas berbahan dasar kayu termasuk meja dan kursinya pun dari kayu.

Koper-koper jadul

Menariknya ada beberapa ornamen di salah satu bangunan yang tidak biasa seperti gambar-gambar atau tulisan iklan tempo dulu yang terbuat dari seng. Ada juga koper-koper lama sebagai hiasan, radio, lemari jadul pun ada.

Air mancur

Di sekitar tempat makan terdapat beberapa kolam yang berisi ikan dan terdapat air mancur dengan bunyi gemericiknya sehingga menambah suasana pedesaannya.  

Sedangkan di meja makan terdapat tempat sendok dan garpu yang khas. Begitu juga dengan teko untuk tehnya masih terbuat dari kaleng yang sangat legendaris banget, yang menambah kekhasan dari rumah makan ini. 

Kami ditawarkan berbagai menu khas SHSD, tetapi kami memilih menu Ikan Gurame Goreng Asam Manis, Sate Maranggi, Ikan Peda goreng, dan tumis kangkung. Tetapi kami diberi menu pilihan yang hanya dibayar apabila dimakan saja, seperti ayam goreng basah, semur jengkol, paru, tempe dan tahu goreng. 

Sajian khas RM SHSD Purwakarta

Sambal dadak yang disajikan kepada pengunjung adalah sambal hejo, rasanya memang nampol banget. Sangat sesuai saat dipadukan dengan ayam goreng basah, atau ikan peda, dan ikan bakar membuat nafsu makan berlipat ganda. 

Sate marangginya khas Purwakarta memang tidak ketinggalan ada di rumah makan SHSD ini, rasanya memang tidak jauh berbeda dengan sate maranggi pada umumnya, hanya saja ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Sate Maranggi yang ada di RM H. Yetti atau di Kampoeng Maranggi Plered.

Sate Maranggi SHSD Purwakarta
Selain makanan, kami juga memesan minuman seperti jus alpukat, jus manga, es kelapa jeruk, es kelapa. Untuk harganya masih terjangkau. 

Nasi putih Rp.7.000/porsi, Sate Maranggi Rp.4.900/tusuk, Gurame Asam Manis Rp.135.000/ekor, Cah kangkung Rp.25.000, Peda Bakar Rp.12.000, Es Kelapa Rp.18.000, Kelapa Jeruk Rp.12.000, Jus alpukat Rp.17.000. Semua harga belum termasuk pajak 10%. 

Es kelapa muda

Setelah puas menikmati makanan di Rumah Makan SHSD, kami menyempatkan berkeliling rumah makan. Ternyata sangat luas dengan berbagai bangunan dan ornament yang khas nan Instagrammable. Seperti salah satu sudut bangunan berisi telpon dan radio jadul.

Telpon, dan radio jadul

Terdapat pula pedati dengan rodanya yang terbuat dari kayu, tetapi sudah dimodifikasi untuk mempercantik taman di sekitar Rumah makan SHSD Ciganea Purwakarta.

Pedati

Dibagian samping bawah tempat makan terdapat dapur tempo dulu dengan sepeda yang menggantung di salah satu bagian dindingnyayang menambah kesan pedesaan banget.


Bagian dapurnya terdapat tungku, kayu bakar, kukusan, kursi, bahkan oven jadul yang membuat kita terasa berada di kampung.



Jadi secara keseluruhan dari menu makanan, minuman, tempat dan harganya, maka Rumah Makan SHSD Purwakarta ini sangat direkomendasikan sekali, bagi rekan-rekan yang sedang melintas atau berwisata ke Purwakarta.


Sangat cocok bagi Anda yang sedang beriburan bersama keluarga, rekan-rekan kantor atau bersama orang tercinta.  Rumah makan ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 23 malam.






0 Comments:

Post a Comment