√ 7 Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Liburan - Perlu Piknik

7 Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Liburan

 

Merek Koper Terbaik (Gambar Canva)


Liburan adalah waktu yang dinantikan oleh banyak orang untuk bersantai, menjelajahi tempat baru, menikmati kuliner, dan menciptakan kenangan indah bersama teman, pasangan atau keluarga tercinta. 


Namun, agar liburan berjalan lancar dan nyaman, persiapannya harus matang sangat diperlukan, termasuk memilih barang-barang yang harus dibawa saat liburan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.   


Berikut ini adalah daftar barang-barang yang penting untuk dibawa saat liburan :

Dokumen penting 

1. Dokumen Penting

Dokumen penting yang harus dibawa saat liburan baik di dalam maupun di luar negeri adalah Kartu Identitas atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi) atau bagi Anda yang akan liburan keluar negeri tentu harus mempersiapkan Paspor dan Visa untuk tujuan negara-negara tertentu.


Selain itu tiket perjalanan jika Anda menggunakan transportasi seperti kereta api, bus dan pesawat. Persiapkan pula bukti reservasi hotel atau akomodasi lainnya serta Asuransi perjalanan dan dokumen kesehatan (jika diperlukan).


Untuk berjaga-jaga siapkan pula dokumen digitalnya seperti paspor, visa, dan tiket penerbangan, hotel dan lainnya.

Pakaian (Canva)


2. Pakaian dan Aksesoris

Pakaian sesuai dengan cuaca dan aktivitas tujuan destinasi. Hindari membawa terlalu pakaian terlalu banyak karena harus disesuaikan dengan batas maksimal untuk penerbangan atau kereta api. Carilah pakaian serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai suasana. 


Jaket atau pakaian hangat jika diperlukan agar tidak kedinginan atau saat berwisata di destinasi wisata dengan cuaca dingin. Pakaian renang dan perlengkapan pantai bagi yang akan melakukan destinasi wisata ke pantai atau kolam renang. Aksesoris seperti kacamata hitam, topi, atau syal dapat dibawa jika dibutuhkan.

Obat-obatan pribadi (Gambar Marisa World)

3. Obat-obatan dan Barang Pribadi

Obat-obatan pribadi dan resep dokter jika diperlukan. Obat sakit kepala, sakit perut dan masuk angin harus disiapkan bagi yang sering mengalami kendala tersebut. 


P3K ringan seperti perban, plester, dan antiseptik. Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu maka harus disiapkan obat-obatan khusus untuk Anda. 


Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan wisata ke alam tentu obat nyamuk atau perlindungan dari serangga wajib Anda bawa. 

 

Ponsel dan charger (Gambar Ceklist) 

4. Alat Elektronik dan Aksesoris 

Ponsel dan charger jangan sampai ketinggalan saat liburan, begitu juga dengan kamera atau perangkat fotografi lainnya.


Pengisi daya portabel atau Power Bank untuk mengisi daya perangkat saat bepergian. Serta adaptor listrik jika bepergian ke negara dengan soket listrik berbeda. 


Siapkan pula buku atau e-book, majalah atau e-paper dan permainan saat menunggu agar Anda tidak bosan. 

 

5. Koper 

Koper merupakan barang yang wajib dibawa saat liburan baik di dalam maupun ke negara lain. Pilihlah merk koper terbaik yang sesuai dengan selera dan fungsi di dalamnya. 


Ada koper yang menggunakan bahan anti gores, bahan yang kuat dan ringan, memiliki kombinasi kunci TSA, kapasitas besar, memiliki 4 roda yang dapat diputar 360 derajat, banyak compartment kecil di dalamnya. 


Atau pilihan koper memiliki handle dengan tombol push, ada juga koper yang dapat berjalan dengan remote, atau fungsi lainnya.    


Uang dan kartu kredit (Gambar Inbizia)

6. Uang dan Alat Pembayaran

Uang tunai dalam mata uang lokal maupun mata uang internasional yang diterima di destinasi harus dipersiapkan sebelum liburan. 


Bagi Anda pemilik Kartu kredit atau debit pastikan untuk memberi tahu bank Anda sebelum bepergian ke luar negeri. 

Perlengkapan mandi (Gambar Wowkeren)


7. Perlengkapan Mandi 

Perlengkapan mandi seperti handuk, sikat gigi, sabun, shampoo dan lain-lain harus dipersiapkan karena ada beberapa orang yang tidak cocok saat menggunakan sabun, shampoo dari hotel atau tempat penginapan.  Begitu juga Sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat Anda berwisata ke pantai.

 

Itulah beberapa barang yang harus disiapkan sebelum liburan, agar liburan Anda menyenangkan dan tidak terganggu dengan masalah-masalah kecil yang mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda saat liburan. 

Get notifications from this blog