√ Belajar Jadi Penulis Di Museum Kata Andrea Hirata Belitung - Perlu Piknik

Belajar Jadi Penulis Di Museum Kata Andrea Hirata Belitung

Museum Andrea Hirata

Jika Anda jalan-jalan ke Belitung rasanya belum lengkap jika belum singgah ke Replika Sekolah Muhammadiyah Gantung, dan Museum Kata Andrea Hirata. Lokasi Museum Kata Andrea Hirata hanya perjalanan 5 menit dari Replika Sekolah Muhammadiyah Gantong.

Museum Kata Andrea Hirata terletak di Desa Lenggang,  Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Museum Kata Andrea Hirata merupakan Museum Literasi Pertama di Indonesia ada sejak tahun 2010.

Bagian depan Museum Kata Andrea Hirata

Untuk masuk ke Museum Andrea Hirata Anda tidak dibebankan biaya tetapi bisa menyumbang seiklhasnya kepada pengelola. Bangunan yang memiliki warna-warni bagai pelangi cukup mencolok ini bisa menjadi inspirasi buat Anda yang ingin menjadi penulis.


Di tempat Andrea Hirata ini, terdapat lebih dari 200 literatur dari berbagai genre, seperti literatur musik, literatur film, literatur anak, literatur seni, hingga literatur arsitektur. Meski banyak memasukkan karya penulis luar, tetapi kearifan lokal tetap dihadirkan di museum ini.


Mari kita lihat bagian-bagian dari Museum Kata Andrea Hirata. Pada bagian depan terdapat perahu kecil dan kotak untuk pengunjung yang sudi menyumbang untuk utuhnya bangunan ini. Ada juga papan informasi tentang penghargaan doctor honoris untuk Andrea Hirata dari University of Warwick Inggris.


Pada bagian dalam rumah terdapat petugas museum yang menjelaskan tentang museum kata Andrea Hirata. Masuk lagi ke dalamnya terdapat berbagai barang-barang antik seperti meja dan kursi zaman dulu, lampu kuno, jam tempo dulu, radio dan televisi tempo dulu serta gambar-gambar dan buku-buku Andrea Hirata.


Di bagian kamar terlihat ada poster film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang diambil dari novel karyanya dan menjadi film box office di Indonesia. Tidak hanya itu buku Laskar Pelangi karyanya berhasil dialih bahasakan di dunia. Di kamar yang lain juga tedapat beberapa karyanya berupa cerpen yang sudah dipublikasikan di koran, majalah dan dibukukan atau karyanya yang belum dipublikasikan.


Pada ruang tengah terdapat satu ruang yang isinya berbagai penghargaan yang diterima oleh Andrea Hirata baik sebaik penulis, pembicara dan lain sebagainya. Disini juga terdapat berbagai lukisan yang menarik menambah keunikan dari museum kata Andrea Hirata.


Menariknya lagi dari Museum Kata Andrea Hirata disini terdapat ruangan dapur khas Melayu. Di sini terdapat ceret, teko, kaleng krupuk dari kaleng, piring dan gelas yang masih terawat seperti orang-orang yang sering menggunakan tempo dulu.


Di tempat ini juga terdapat makanan khas Belitung dan makanan sekarang yang tersusun rapi di lemari. Makanan dan minuman ini dijual untuk umum yang dikelola oleh masyarakat lokal.


Pada bagian belakang gedung museum kata terdapat beberapa ruangan yang digunakan untuk ruang baca atau istirahat para pengunjung. Mereka bisa juga membaca karya-karya Andrea Hirata yang terpajang pada dinding-dinding ruangan tersebut.


Pada salah satu sisi ruangan yang lain terdapat ruangan yang relatif luas yang bisa digunakan ruang kelas Andrea Hirata mengajar Bahasa Inggris. Selain itu dapat digunakan untuk acara tertentu seperti menjelaskan kepada pengunjung terutama para pelajar, selain itu bisa digunakan untuk ruang baca dan juga berbincang dengan keluarga, dan sahabat yang sedang mengunjungi museum kata ini.


Di museum kata ini kita bisa belajar menjadi penulis. Penulis sekelas Andrea Hirata saja pernah merasakan tulisannya tidak dipublikasikan oleh surat kabar atau percetakan karena sesuatu hal. Oleh karena itu teruslah menulis jangan berharap tulisan kita dipublikasikan atau tidak.


Saat kami datang kesini Museum Kata Andrea Hirata sedang direnovasi. Museum Kata Andrea Hirata ini dibangun atas dana pribadi dan biaya operasional dari penghasilan penjualan buku Andrea Hirata. Belum ada penjelasan kapan museum ini akan dibuka kembali untuk umum.

Get notifications from this blog