√ Menikmati Rumbah Mangrove Di Warung Reang Indramayu - Perlu Piknik

Menikmati Rumbah Mangrove Di Warung Reang Indramayu

Rumbah Mangrove (Dok. Didno)
Bagi masyarakat Indramayu mendengar kata Rumbah mungkin sudah biasa. Rumbah adalah sejenis gado-gado atau pecel yang terbuat dari sayuran yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge diberi sambal kacang dan cabe yang pedas.

Setiap daerah di Indramayu tentu sayuran dan sambalnya berbeda-beda, ada yang menggunakan daun semanggi, nangka muda yang direbus dan sambal yang diberi petis dan ada juga yang menggunakan campuran kelapa untuk bumbunya.
Rumbah Mangrove di Warung Reang (Dok. Didno)

Tapi di Warung Reang yang terletak di Karangsong ada yang berbeda, pasalnya rumbah yang dijual di Warung Reang Karangsong ini beda dengan yang lainnya. Karena menggunakan sayuran bukan dari kangkung, kacang panjang, atau daun semanggi, melainkan menggunakan rebusan pohon mangrove.

Banyak yang menganggap daun dari tanaman mangrove tidak bisa dimasak apalagi dibuat rumbah. Tetapi di tangan dingin Bapak Abdul Latief di Warung Reang bisa digunakan untuk salah satu bahan untuk membuat rumbah ditambah dengan tauge kemudian disiram dengan sambal kacang dan cabe merah yang khas.
Wisatawan Mancanegara sedang makan Rumbah Mangrove (Dok. Didno)

Rumbah Mangrove di Warung Reang Karangsong ini merupakan satu-satunya rumbah yang menggunakan bahan dari pucuk tanaman mangrove yang ada di Indramayu. Menariknya rumbah ini tidak dijual setiap hari. Rumbah ini hanya tersedia saat ada pesanan dari instansi atau perorang untuk menjamu tamu dari luar daerah.

Rumbah mangrove ini terbuat dari pucuk tanaman mangrove jenis tertentu yang direbus bersama dengan tauge lalu disiram dengan menggunakan sambal kacang dengan parutan kelapa dan bumbu khas seperti cabai, gula merah dan penyedap rasa.

Wisatawan mancanegara sedang makan rumbah mangrove (Dok. Didno)
Bahkan Rumbah Mangrove ini pernah disajikan kepada perwakilan duta besar yang berkunjung ke Indramayu dalam rangka memperkenalkan pariwisata Indramayu kepada mereka. Sehingga diharapkan beberapa waktu yang akan datang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indramayu.

Mereka tampak antusias menikmati makanan rumbah mangrove tersebut, karena mereka bilang baru melihat ada tanaman mangrove yang diolah menjadi makanan. Karena selama ini tanaman mangrove terkesan hanya tanaman yang dapat melindungi pantai dari abrasi dan sebagai ekosistem beberapa makhluk hidup di pesisir pantai.

Jika Anda penasaran dan ingin menikmati Rumbah Mangrove khas Indramayu ini, Anda bisa memesan terlebih dahulu kepada Bapak Abdul Latief dengan nomor HP. 081947232261.

Get notifications from this blog