Home » , » Ngopi dan Menikmati Bubur Ayam di Warung Kopi Purnama Bandung yang Legendaris

Ngopi dan Menikmati Bubur Ayam di Warung Kopi Purnama Bandung yang Legendaris

Kopi Susu di Warung Kopi Purnama (Dok. Didno)

Mencari sarapan di kota Bandung tidak lah sulit, karena banyak pilihan dari nasi uduk, nasi kuning, roti bakar hingga bubur ayam semuanya ada. Tapi jika Anda ingin mencari bubur ayam yang legendaris di Kota Bandung sambil nongkrong menikmati kopi maka pilihannya adalah di Warung Kopi Purnama Bandung.

Lokasi Warung Kopi Purnama berada di Jalan Alkateri No.22 Banceuy Kelurahan Braga Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung. Warung Kopi Purnama yang lokasinya tidak terlalu jauh dari alun-alun Kota Bandung ini sudah ada sejak tahun 1930. Pertama kali didirikan namanya bukan Warung Kopi Purnama melainkan Tjhiang Shong Shi (Silakan Mencicipi).

Namun namanya diganti karena ada kebijakan pemerintah pada tahun 1966 yang mengharuskan pergantian nama-nama dalam bahasa China ke Bahasa Indonesia. Maka Chang Chong Se diganti namanya menjadi Warung Kopi Purnama.

Warung Kopi Purnama didirikan oleh Jong A Tong yang berasal dari Kota Medan dan hijrah ke Kota Bandung. Kemudian diteruskan oleh Yong Kie Lian atau Allen Josana hingga sekarang diteruskan oleh generasi ketiga dan keempatnya.

Warung Kopi Purnama tampak dari depan (Dok. Didno)
Warung Kopi Purnama buka dari jam setengah tujuh pagi hingga jam enam sore. Buka setiap hari Senin hingga Sabtu sedangkan hari Minggu dan hari Libur Nasional libur. Untuk bisa menikmati bubur ayam Warung Kopi Purnama Anda harus datang lebih pagi karena biasanya jam 10-an sudah habis.

Kalau dilihat dari depan, Warung Kopi Purnama seperti toko biasa bukan tempat makan atau tempat ngopi karena berjejer dengan toko-toko yang ada di jalan Alkateri dekat dengan Pasar Baru Bandung. Tetapi setelah masuk ke dalam Anda akan merasakan kekhasan dari warung kopi ini.

Suasana di dalam Warung Kopi Purnama

Meja dan kursinya masih asli dari zaman dulu, beberapa peralatan tempo dulu masih di pajang di beberapa sudut Warung Kopi Purnama. Peralatan seperti mug, teko, baskom, tempat nasi dan lain-lain yang masih tertata rapih di dinding tempat ini. Selain itu banyak terpampang foto-foto jadul atau jaman dulu dari keluarga pemilik Warung Kopi Purnama.

Bubur Ayam Warung Kopi Purnama Bandung
Menu yang terkenal adalah bubur ayamnya yang menggunakan resep asli sejak dulu hingga kini sehingga memiliki cita rasa yang khas dan tidak berubah. Bubur ayam Warung Kopi Purnama selain dilengkapi dengan suwiran daging ayam, juga diberi tambahan cakwe, daun seledri, dan kerupuk melarat.
Menu Makanan di Warung Kopi Purnama

Selain bubur ayam, di Warung Kopi Purnama juga terdapat menu roti selai, roti keju, roti asin (kukus/bakar), roti telur mata sapi, roti dadar telur, nasi ayam Hainan, Lontong Cap Go Meh, Tahu Telur, Nasi Lengko, Nasi Rawon, Nasi Sop Buntut, Nasi Gulai Sapi, Kwetiau, Mie Tek-tek, Bihun Tek-tek, Gado-gado, Nasi Goreng, Yamien/Yahun, Nasi Soto, Sekba, Nasi timbel, Baso/pangsit, Bacang dan menu lainnya.

Menu Minuman Warung Kopi Purnama

Selain menu makanan, ada juga pilihan minuman yang ada di Warung Kopi Purnama seperti kopi, teh, Susu, Es Lemon, Es Jeruk, Es Cincau, Es Kolang-kaling, Es Strawberry, Es Kelapa, Sarsaparilla, dan air mineral pun tersedia. Saya sendiri memesan kopi susu yang rasanya memang mantap bikin ketagihan kalau datang lagi ke Bandung.

Foto bareng setelah makan dan ngopi di Warung Kopi Purnama (Dok. Katerina)

Kalau diperhatikan apa yang membuat Warung Kopi Purnama ini bertahan hingga kini?. Karena Warung Kopi Purnama tetap menjaga dan mempertahankan resep asli dengan cita rasa, kualitas, dan suasana hirup pikuk serta kekeluargaan dengan bangunan dan meja kursi yang asli dari zaman dahulu yang memberi kesan dan kenangan tersendiri. Ini tentu bisa ditiru rekan-rekan yang ingin bergerak di bidang kuliner.

1 Comments: