Home » , » 5 Pilihan Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Bisa Dikunjungi Dalam Satu Hari

5 Pilihan Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Bisa Dikunjungi Dalam Satu Hari

Keraton Kasepuhan Cirebon

Destinasi Wisata Menarik di Cirebon - Cirebon merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunungi di Jawa Barat, di sini Anda akan menemukan berbagai tempat menarik dari wisata religi, sejarah dan budaya, wisata belanja, kuliner dan wisata hiburan bersama keluarga atau rekan-rekan. 

Untuk mengunjungi kota Cirebon sangat mudah karena berbagai moda transportasi ada di Cirebon. Mulai dari moda transportasi darat menggunakan kereta api di stasiun Kejaksaan atau Stasiun Prujakan , menggunakan bus, kapal laut yang bersandar di Pelabuhan Cirebon atau menggunakan Pesawat terbang di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

Jika Anda memiliki waktu yang singkat misalnya hanya 1 hari untuk mengelilingi tempat wisata di Cirebon, maka Anda bisa memilih beberapa tempat wisata ini menjadi pilihan Anda atau bersama keluarga atau rekan-rekan saat berkunjung ke Cirebon. 

Berikut ini 5 pilihan wisata menarik di Cirebon yang bisa dikunjungi dalam 1 hari

Wisata Religi 

Makam Sunan Gunung Jati (Dok. Nang Sadewo)

Makam Sunan Gunung Jati
Jika Anda ingin berkunjung ke Cirebon untuk berziarah ke salah satu makam Wali Songo maka Anda bisa berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Kereta api Kejaksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 9 – 10 menit saja. Anda bisa menggunakan ojek online atau kendaraan online dari Stasiun Kereta api Kejaksaan Cirebon. 

Di Makam Sunan Gunung Jati Anda bisa berziarah di makam Sunan Gunung Jati yang memiliki kedekatan dengan negara China dengan banyaknya keramik-keramik yang berasal dari negara Tirai Bambu tersebut. 

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Cipta Rasa 
Salah satu peninggalan dari Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan agama Islam di Cirebon dan sekitarnya adalah Masjid Agung Cipta Rasa. Bangunan ini memiliki kekhasan yakni semua tiangnya menggunakan pohon jati dan salah satu tiangnya menggunakan tatal atau sisa-sisa tiang yang disatukan. 

Vihara Dewi Welas Asih

Vihara Dewi Welas Asih 
Vihara ini dibangun sejak tahun 1595 yang lokasinya bersebelahan dengan Bank Mandiri Cirebon atau terletak di Jl. Kantor No. 2, Kampung Kamiran, Cirebon, atau di seberang kanan Gedung PT. BAT, Tbk Cirebon. Vihara ini merupakan vihara tertua yang ada di Cirebon. 

Wisata Sejarah dan Budaya 

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan 
Keraton Kasepuhan merupakan salah satu keraton yang masih aktif hingga sekarang dan menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Cirebon. Di Keraton ini Anda bisa melihat keraton, peninggalan benda-benda pusaka, dan terdapat Mushola atau Langgar tertua di Cirebon sebelum Masjid Agung Sang Cipta Rasa dibangun. Di Keraton ini terdapat berbagai kegiatan budaya seperti Panjang Jimat, Mauludan dan lain-lain. 

Siti Hinggil Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman 
Sama halnya dengan Keraton Kasepuhan, keratin Kanoman juga masih aktif hingga sekarang dan sering menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi. Lokasinya yang dekat dengan pasar Kanoman menjadi hal yang menarik untuk mencari kudapan atau oleh-oleh khas Cirebon tetapi untuk menuju akses ini sering macet. 

Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan 
Lokasi Keraton Kacirebonan tidak terlalu jauh dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini memiliki berbagai peninggalan benda-benda bersejarah dan salah satunya adalah surat perjanjian dengan Gubernur Jendral Belanda Herman Willem Daendels. 

Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi 
Goa ini berbeda dengan goa pada umumnya karena tidak berada di daerah pegunungan atau perbukitan melainkan di pusat kota. Menariknya goa ini terbuat dari batu karang. Goa ini awalnya digunakan sebagai taman sari dan tempat bersemedi keluarga keraton Kasepuhan. 

Wisata Belanja 
Jika Anda ingin berbelanja maka di Cirebon terdapat berbagai tempat wisata belanja yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Stasiun Kereta Api Kejaksan atau Prujakan. Diantaranya adalah : 

Grage Mall (Dok. Didno)

Grage Mall 
Tempat belanja ini menyediakan berbagai keperluan dan oleh-oleh bagi wisatawan. Selain pakaian, makanan, toko buku, aksesoris dan barang elektronik, di tempat wisata belanja ini Anda bisa menonton bioskop atau bermain bersama keluarga. 

Transmart Cirebon (Dok. Santosa)

TransMart Cirebon 
Seperti tempat wisata belanja lainnya, Trans Mart Cirebon menyediakan berbagai kebutuhan dari pakaian, makanan, aksesoris, barang elektonik dan tempat ini menyediakan tempat permainan anak yang menarik yang menjadi ciri khas TransMart. 

Cirebon Super Block (Dok. Rakyatjabarnews)

CSB (Cirebon Super Block Mall) 
Lokasi CSB memang tidak terlalu jauh dengan Transmart Cirebon. Tempat belanja ini menyediakan berbagai kebutuhan dari pakaian, makanan, aksesoris, barang elektonik dan terdapat tempat nonton bersama keluarga atau teman-teman Anda. 

Wisata Kuliner 

Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur 
Nasi jamblang Ibu Nur lokasinya di Jalan Cangkring 2 No.34 Kejaksan Cirebon. Tempat kuliner ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Cirebon. Tempat makan ini memiliki makanan yang khas dengan cara mengambil sendiri makanannya kemudian dibawa ke kasir dan nanti akan langsung dihitung dan dibayar di kasir. Tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menikmati makanan khas yang nasinya dibungkus menggunakan daun jati. 

Nasi Jamblang Mang Dul (Dok. Didno)

Nasi Jamblang Mang Dul 
Lokasi Nasi Jamblang Mang Dul terletak di Jl. Ciptomangunkusumo dekat perempatan Jl. Tuparev Cirebon. Pengunjung bisa memilih sendiri menu makanannya sama halnya dengan Nasi Jamblang Ibu Nur. 

Empal Gentong H. Apud (Dok. Ihwan Hariyanto)

Empal Gentong H. Apud 
Jika Anda ingin menikmati empal gentong atau empal asem, atau sate ayam atau kambing di Cirebon maka pilihannya adalah Empal Gentong H. Apud di Jalan Ir. H. Juanda No.24 Battembat Kecamatan Tengah Tani Cirebon. Soal rasa tidak usah diragukan lagi karena empal gentong H. Apud sangat lezat dan enak. 

Wisata Hiburan 


Waterland Taman Ade Irma 
Tempat wisata ini menyediakan berbagai permainan anak dan kolam renang. Menariknya lokasi ini berada di dekat pantai. Di lokasi wisata ini Anda bisa menikmati keindahan pemandangan laut serta terdapat spot-spot menarik untuk berfoto ria. 

Itulah beberapa pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Kota Cirebon.

0 Comments:

Post a Comment