Wednesday, September 25, 2019

Merasakan Perbedaan Empal Gentong dan Empal Asem Amarta Cirebon

Empal Gentong dan Empal Asem Amarta Cirebon

Rasanya belum lengkap kalau ke Cirebon tidak menikmati kuliner khasnya. Selain nasi Jamblang dan Nasi Lengko, dan Tahu Gejrotnya Cirebon juga memiliki kuliner khas lainnya yang membuat wisatawan pencinta kuliner selalu ingin datang dan datang lagi. Nama kuliner atau makanan khas tersebut adalah Empal Gentong.

Ada banyak Rumah Makan yang menyediakan Empal Gentong dan Empal Asem yang berjejer sepanjang jalan Ir. H Djuanda atau Jalan Raya Battembat Sukatani Cirebon atau jalan antara Plered hingga ke Kedawung. Tetapi yang lebih dulu ada adalah Empal Gentong dan Empal Asem AMARTA.



Lokasi Rumah Makan Empal Gentong dan Empal Asem AMARTA terletak di Jl. Ir. H. Djuanda atau Jl. Raya Battembat Plered Cirebon sebelah timur Jembatan Gesik. Tempat kuliner ini selalu ramai dikunjungi oleh penikmat kuliner pada jam-jam makan siang dan malam hari.


Menu makanan di Rumah Makan Empal Gentong dan Empal Asem AMARTA tentu yang menjadi makanan khas Cirebon tersebut yakni Empal Gentong dan Empal Asem. Selain itu di tempat ini terdapat sate kambing dan berbagai aneka minuman dari kopi, teh hingga jus.
Empal Gentong

Untuk harga Empal Gentong dan Empal Asem di Rumah Makan AMARTA masih wajar yakni dibanderol dengan harga Rp26.000/porsi, sedangkan harga sate kambing dibanderol dengan harga Rp.4.500/tusuknya. Sedangkan harga nasi putih dibanderol dengan harga Rp.5.000/ porsinya.

Empal Asem

Soal rasa empal gentong dan empal asem di RM AMARTA Cirebon tidak usah diragukan lagi. Bumbu-bumbunya yang khas diantara kuah yang dilengkapi dengan daging sapi atau daleman membuat penikmat kuliner akan dimanjakan. Apalagi bagi yang suka pedas, tinggal ditaburi serbuk cabe yang akan membuat suasana menjadi lebih gerah dan bersemangat menyantap makanan khas Cirebon tersebut.

Sate Kambing Amarta

Perbedaan antara empal gentong dan empal asem adalah cara masak dan kuahnya. Kalau empal gentong dimasak menggunakan gentong dengan kuah bersantan, sedangkan empal asem tidak menggunakan menggunakan kuah santan melainkan kuah bening. Untuk rasa asamnya biasanya menggunakan belimbing wuluh.

Lantai Bawah RM Amarta

Rumah Makan Empal Gentong dan Empal Asem Amarta sendiri memiliki dua lantai, dimana lantai dasar diisi dengan meja dan kursi untuk makan dan minum pengunjung serta untuk penyajian empal gentong, empal asem dan sate serta kasir. Sedangkan di lantai atas terdapat meja dan kursi untuk pengunjung dan terdapat mushola dan toilet.

Lantai Atas RM Amarta

Nah jika Anda sedang wisata ke Cirebon, cobalah untuk singgah dan menikmati kuliner khas Cirebon di Rumah Makan Empal Gentong dan Empal Asem Amarta No. Telpon 081324293392


Load disqus comments

0 Comments