Home » , » Makan Nasi Jamblang Mang Dul Ketemu Menteri

Makan Nasi Jamblang Mang Dul Ketemu Menteri

Nasi Jamblang Mang Dul (Dok. Didno)

Jalan-jalan ke Kota Cirebon rasanya tidak puas kalau tidak mencoba kuliner khasnya. Ada banyak kuliner khas dari Cirebon seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong, Tahu Gejrot, Nasi Lengko, Nasi Bogana, atau Mie Koclok. 

Karena kondisi perut sudah lapar setelah keliling belanja di Grage Mall Cirebon, maka kuliner yang paling dekat dan legendaris adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Nasi jamblang Mang Dul sudah ada dan terkenal sebelum ada Grage Mall. Dulunya Mang Dul mangkal di terminal angkot dan elf Gunung Sari Cirebon.



Mang Dul sendiri telah tiada sejak 1994 lalu, kini usaha nasi jamblangnya dilanjutkan oleh anak-anaknya di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No.8 Pekiringan, Kesambi Kota Cirebon dekat dengan perempatan Jalan Tuparev Cirebon, Jalan RA. Kartini dan Jalan Dr. Wahidin. 

Pilihan Menu Makanan di Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi jamblang sendiri merupakan makanan khas dari Cirebon yakni nasi putih yang dibungkus daun jati, dengan pilihan menu sesuai dengan selera konsumennya seperti tahu sayur, tempe goreng, telor rendang, telor dadar, cecek atau kulit, ikan goreng, ayam goreng, ati ampela dan lain-lain ditambah dengan sambalnya yang terbuat dari cabe merah yang diiris-iris lalu digoreng.



Penyajian yang khas dengan rasanya yang lezat ini akan membuat penikmat kuliner dari Cirebon atau daerah lain akan kembali lagi ke Nasi Jamblang Mang Dul untuk menikmati kembali makanan khas Cirebon yang legendaris ini. 

Pengunjung atau konsumen di Warung Nasi Jamblang Mang Dul harus memahami aturan makan di tempat ini. 

  • Pertama pengunjung langsung memesan makanan kepada pelayan yang ada di sekitar nasi dan lauk pauk. 
  • Pelayan akan menanyakan nasi yang akan dikonsumsi, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi perut Anda. Kalau saya butuh 2 bungkus nasi karena ukurannya kecil. 
  • Setelah itu pengunjung langsung memilih makanan sesuai dengan seleranya masing-masing. Nanti ada petugas yang menghitung jumlah makanan yang sudah diambil tersebut, kemudian diberi kertas kecil yang berisi jumlah yang harus dibayar. 
  • Jika sudah selesai makan, pengunjung langsung menuju ke Kasir untuk membayar. 
Tempat makan di Warung Nasi Jamblang Mang Dul terdiri dari dua lantai, di lantai bawah pengunjung bisa langsung mengambil makanan sesuai dengan selera dan tempat duduknya bisa memilih bisa dilantai bawah atau lantai atas. 


Menteri Enggartiasto Lukita sedang makan di Nasi Jamblang Mang Dul sebelah kiri memakai baju putih

Warung Nasi Jamblang Mang Dul selalu dipenuhi oleh konsumen terutama pada saat jam makan siang hingga sore atau malam hari. Pada saat kami datang ke warung nasi Jamblang Mang Dul kebetulan sekali ada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang memang asli dari Cirebon dan juga penggemar Nasi Jamblang Mang Dul. 


Menteri yang satu ini memang salah satu pelanggan Nasi Jamblang Mang Dul dan dia tanpa ragu makan dengan pengunjung lain tanpa ada pengawalan khusus. 

Jadi jika sedang berada di kota Cirebon dan ingin menikmati kuliner khas Cirebon, Anda bisa mampir dan menikmati Nasi Jamblang Mang Dul. Soal harga Nasi Jamblang Mang Dul jangan khawatir karena tidak terlalu mahal masih sangat terjangkau.


0 Comments:

Post a Comment