Friday, January 1, 2021

Menikmati Keindahan Telaga Saat Bogor 0 Km-nya Ciliwung

 

Telaga Saat Puncak Bogor


Puncak Bogor memang terkenal dengan keindahannya tetapi banyak yang belum mengetahui ada obyek wisata yang layak dikunjungi karena keindahan alam dan kesejukannya. Salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan Puncak Bogor adalah Telaga Saat.


Lokasi Telaga Saat berada di Desa Tugu Utara kecamatan Cisarua kabupaten Bogor Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa melalui jalur Ciawi – Cianjur. Setelah Masjid At-Taawun ada jalan menuju ke Telaga Warna, tetapi ambil ke arah kiri.  


Tiket masuk menuju akses ke Telaga Warna Rp.25 ribu per orang. Perjalanan dari Jalan utama Ciawi - Canjur hingga ke Telaga Saat kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan roda 4. Akses menuju ke lokasi memang sangat buruk karena lokasi wisata berada di kawasan perkebunan teh bukan jalan kabupaten atau jalan provinsi.


Jalan menuju ke Telaga Saat

Jalan berbatu dan licin saat hujan membuat kendaraan melaju sangat pelan, sedangkan para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 2 harus hati-hati saat hujan atau gerimis karena roda bisa slip dan menyebabkan pengendaraan terjatuh.


Telaga Saat Bogor


Tetapi perjalanan yang layaknya dijalur off-road terbayar saat memasuki kawasan wisata Telaga Saat Puncak Bogor. Tiket pelayanan K3 atau tiket masuk menuju ke lokasi wisata hanya Rp.10.000 per orang.

Pinggiran Telaga Saat


Kita akan melihat pemandangan telaga atau danau yang dikelilingi perbukitan dan perkebunan teh yang asri dan segar udaranya terbebas dari polusi udara. Di sekitar danau terdapat beberapa gazebo atau saung-saung untuk pengunjung beristirahat dan menikmati pemandangan telaga.

Spot untuk selfie

Di beberapa tempat terdapat beberapa spot yang menarik untuk fotografi seperti rakit, tempat sandaran perahu, rumah pandang dan tulisan Telaga Saat 0 Km Ciliwung.  


Tulisan Telaga Saat 0 Km Ciliwung

Anda juga bisa berfoto ria di kebun teh yang lokasinya berdekatan dengan Telaga Saat. Hijaunya daun teh dan turunnya kabut membuat pengalaman yang mengasyikan bagi Anda yang biasa tinggal di perkotaan atau di dataran rendah.


Telaga Saat dikeliling oleh perbukitan

Di sekitar lokasi Telaga Saat terdapat aliran sungai yang mengalirkan air ke Sungai Ciliwung, yang airnya melintasi beberapa daerah di kabupaten Bogor hingga hilirnya berada di Jakarta Utara.


Di sekitar Telaga Saat terdapat beberapa warung yang menjual kopi, teh, wedang jahe panas. Selain itu ada pula yang menjual mie rebus, mie goreng, dan mie dalam kemasan. Saat cocok untuk dinikmati karena hawanya sangat dingin.

Mie rebus di Telaga Saat

Tapi jangan terlalu lama didiamkan karena kopi panas, mie rebus akan cepat dingin jika tidak langsung diminum atau dimakan. 

Jadi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam di kawasan Puncak Bogor maka cobalah singgah ke Telaga Saat. Sambil menikmati semangkok mie rebus pakai telor yang dijual dengan harga Rp.12 ribu per porsi dan Rp. 5.000 untuk segelas kopi hangat yang kenangannya akan terasa hingga kapanpun apalagi dengan orang-orang tercinta.

0 Comments:

Post a Comment