Saturday, July 9, 2022

Menikmati Keindahan Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang



Perjuangan menuju obyek wisata ke Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang memang mengasyikkan. Jalanan yang mendaki dan menurun serta beberapa bagian jalan yang berbatu menjadikan kesan tersendiri saat berkunjung ke Tanjung Duriat Waduk Jatigede. 


Lokasi obyek wisata Tanjung Duriat Waduk Jatigede terletak di Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu kabupaten Sumedang Jawa Barat. 


Harga tiket masuk Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang Rp.15.000 per orang, harga tiket tersebut sudah termasuk 2 wahana senilai Rp.5.000, sedangkan untuk tiket parkir kendaraan sepeda motor Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000. 



Tempat parkirnya cukup luas, dan di sekelilingnya terdapat banyak pedagang makanan dan minuman yang harganya terjangkau. Selain itu ada juga toilet dan mushola di sekitaran tempat parkir. 


Untuk melihat pemandangan Waduk Jatigede, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu beberapa ratus meter. Ada spot yang menarik seperti melintasi lorong segi tiga. 


Setelah melintasi lorong segitiga ini, pengunjung bisa menyeberang jalan dan langsung melihat keindahan waduk jatigede. Terdapat beberapa tempat duduk yang ada di sekitarnya. Cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan sambil makan dan minum. 



Tidak jauh dari tempat duduk ini, terdapat spot dengan tulisan Tanjung Duriat yang pemandangannya ke waduk Jatigede dan beberapa pulau yang ada di waduk tersebut. 


Di sisi sebelah kiri jalan terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berduduk santai bersama atau makan dan minum bersama keluarga, teman atau orang terdekat. 


Ada beberapa bentuk gazebo yang unik di Tanjung Duriat dan bisa menjadi inspirasi bagi wisatawan jika ingin membuatnya di rumah sendiri.  



Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, terdapat beberapa mainan yang sudah disedikan oleh pengelola Tanjung Duriat seperti ayunan.  


Ada hal yang menarik di Tanjung Duriat yakni petunjuk arah. Tidak hanya petunjuk arah ke satu wilayah yang ada di sekitar Tanjung Duriat melainkan kota-kota besar dunia seperti Barcelona, Los Angeles, San Fransisco dan lain-lain. 


Bagi wisatawan yang kebelet ingin buang air kecil, atau air besar. Tempat wisata Tanjung Duriat ini memiliki beberapa toilet kecil tapi bersih dan wangi. 


Di lokasi ini juga terdapat kedai yang menjual makanan ringan dan minuman bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sambil makan dan minum. Pada saat akhir pekan dan liburan banyak yang buka tetapi saat hari biasa hanya ada beberapa saja yang buka. 


Bagi wisatawan yang ingin mencoba scuter listrik, di lokasi ini terdapat penyewaan scuter listrik dengan harga sewa sebesar Rp.15.000 untuk mengitari sekitar Tanjung Duriat. 


Bagi penikmati kopi, di Tanjung Duriat juga ada kedai kopi dengan nama Tropicafe. Menikmati semilir angin dari Waduk Jatigede sambil ngopi rasanya nikmat sekali. 


Pada bagian sisi waduk Jatigede terdapat menara pandang, yang pemandangannya ke perbukitan, pulau-pulau kecil dan waduk Jatigede. 


Waduk Jatigede memiliki fungsi untuk pengairan untuk daerah di sekitarnya seperti Sumedang dan Indramayu dan pembangkit listrik. Selain itu tentu sebagai obyek wisata yang bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitarnya. 


Tulisan Bendungan Jatigede terpajang gagah di sekitar waduk dan obyek wisata Tanjung Duriat. Wisatawan bisa berswafoto di sekitar lokasi ini. 



Di belakang tulisan besar ini terdapat taman yang sering digunakan oleh wisatawan untuk berswafoto atau foto bersama keluarga, teman dan orang tercinta. 



Nah bagi rekan-rekan yang ingin menikmati suasana alam dengan pemandangan perbukitan, danau, maka obyek wisata Tanjung Duriat Waduk Jatigede Sumedang bisa menjadi solusinya. 


Tanjung Duriat asri suasananya, dan harga tiket masuknya terjangkau untuk semua kalangan. Yuk wisata ke Tanjung Duriat Sumedang. 


0 Comments:

Post a Comment