Sunday, August 21, 2022

Belajar Tentang Gunung Berapi di MGM Yogyakarta

 

Replika Gunung Merapi di MGM

Yogyakarta tidak pernah habis obyek wisatanya, satu muncul, satu tenggelam dan muncul yang lainnya. Berbagai obyek wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner dan lain sebagainya selalu menjadi destinasi wisatawan dari berbagai daerah.


Bagi Anda yang hobi traveling sambil mencari ilmu pengetahuan maka salah satu destinasi wisata yang wajib dituju adalah MGM (Museum Gunung Merapi) Yogyakarta.




Museum Gunung Merapi atau MGM terletak di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.




Tiket masuk Museum Gunung Merapi sangat terjangkau hanya Rp.5.000,- per orang untuk wisatawan nusantara dan hanya Rp.10.000,- wisatawan mancanegara.


Setelah membeli tiket dan saat memasuki ruangan kita disuguhi replika sebaran awan panas dari 3 buah letusan gunung merapi yakni tahun 1969, 1994, dab 2006. Jika pengunjung menekan salah satu tombolnya maka sebaran awan panas dan lava pijar akan terlihat menyerupai kejadian saat terjadinya letusan gunung merapi.


Di sebelah kanan terdapat patung anggota Tagana yang berjasa yakni Samiyo, Slamet Ngatiran, Ariyanto Prasetyo, Jupriyanto, dan Supriyadi.

 

Tidak jauh dari ruangan utama ada satu ruangan yang berisi benda-benda peninggalan setelah terjadinya letusan gunung merapi dari peralatan dapur, perabotan rumah tangga dan lain-lain.



Pada bagian sebelahnya terdapat beberapa foto letusan gunung merapi yang diabadikan untuk mengetahui perubahan setelah terjadi letusan tersebut.


Di sisi yang lainnya terdapat gambar-gambar tentang proses pembangunan Museum Gunung Merapi dan di bagian ruangan utama terdapat replikasi bangunan MGM.



Selain itu ada bagian yang menarik yakni gambar tentang evolusi kerak bumi yang menyebabkan bumi terpisah menjadi beberapa benua.


Berseberangan dengan gambar evolusi kerak bumi terdapat gambar wajah gunung yang ada di Indonesia dan sebarannya di berbagai pulau dari Sumatera hingga ke Papua.



Pada bagian setelahnya ada beberapa macam tipe letusan gunung api seperti letusan tipe hawaiian, letusan tipe merapi, tipe Pelean, tipe Strombolian, letusan tipe vulcano, dan tipe Plinian. Terdapat pula gambar tentang letusan gunung api di Indonesia dan dunia.  


Pada dinding yang lain terdapat foto udara Gunungapi Merapi, foto satelit Gunungapi Merapi, dan selayang pandang gunungapi Merapi, dan pertumbuhan kubah gunung Merapi.


Di salah satu dinding terdapat foto Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Pos Penjagaan Gunung Berapi Babadan.



Hal yang menarik untuk pengunjung pelajari adalah Cara Penyelamatan Diri Dari Ancaman Bahaya Gunungapi yang terdapat pada salah satu dinding yang ada di MGM.


Adapula gambar peta kawasan gempa bumi merusak Yogyakarta dan Jawa Tengah sebagai pelajaran bagi kita agar selalu siap terhadap terjadinya bencana alam yang tidak terduga. Tidak jauh dari gambar tersebut terdapat gambar tentang mitos gunung api Bromo (Rara Anteng dan Joko Seger).


Hal yang menarik lainnya adalah pada salah satu ruangan terdapat benda-benda atau alat-alat yang digunakan untuk pengamatan kegunungapian. Dari Seismik, proyeksi hingga magnetometer dan lain-lain. Selain itu terdapat beberapa benda seperti endapan awan, lava yang tersimpan di dalam kotak kaca.


Di dalam bangunan utama terdapat toko yang menjual suvenir untuk dijadikan kenang-kenangan seperti topi, kaos, gantung kunci dan lain-lain.




Salah satu yang menarik lainnya adalah simulator gempa bumi yang ada di MGM. Pengunjung bisa mencoba dengan menekan salah satu tombol maka bagian yang dipijak akan bergoyang.


Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang gunung api Merapi Anda bisa membeli tiket untuk menonton film Mahaguru Merapi dengan biaya hanya Rp.3.000/orang.  



Itulah keseruan di Museum Gunung Merapi Yogyakarta, selain wisata kita juga bisa belajar tentang kegunungapian di Indonesia.


0 Comments:

Post a Comment