√ 9 Obyek Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi di Belitung - Perlu Piknik

9 Obyek Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi di Belitung

Pulau Lengkuas

Belitong atau Belitung merupakan salah satu pulau yang sekarang masuk ke Propinsi Bangka Belitung. Belitung dibagi menjadi 2 kabupaten yakni Kabupaten Belitung yang beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur dengan ibukota Manggar.

Belitung awalnya dikenal sebagai kota penghasil timah, pariwisatanya tidak begitu terkenal. Tetapi berkat film Laskar Pelangi yang diproduksi tahun 2008 lalu,  yakni sebuah film yang diangkat dari buku karya Andrea Hirata ini akhirnya mampu mengangkat pariwisata Belitung sehingga menarik banyak wisatawan dari dalam maupun dari luar negeri.

Belitung memiliki banyak obyek wisata alam yang menarik terutama pulau-pulaunya yang memiliki hamparan pasir putih yang indah, air lautnya yang jernih serta batu-batu besar yang unik yang ada di sekitar pulau-pulau di Propinsi Bangka Belitung ini.

Berikut ini obyek wisata menarik yang wajib dikunjungi di Belitung :

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini merupakan seting film Laskar Pelangi, maka tidak heran di tempat ini ada prasasti yang berisi tulisan yang menjelaskan tentang film Laskar Pelangi. Di sepanjang pantai ini terdapat banyak batu-batuan besar yang memiliki kandungan kalsiterit atau kandungan timah. Selain itu Anda bisa menikmati indahnya pasir putih yang luas dan air laut yang jernih maka tidak heran jika menjadi lokasi yang tepat untuk membawa putra-putri Anda berenang di pantai ini. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, pantai ini memiliki banyak spot yang menarik untuk mengabadikan momen sunset atau matahari terbenam.  

Mecusuar Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas. Pulau ini bisa bisa ditempuh dari Pantai Kelayang dengan menggunakan perahu atau kapal yang sudah siap mengantar Anda ke Pulau ini. Di pulau Lengkuas ini Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih yang menawan, batu-batu besar di sebagian pesisir pantai. Di pulau ini terdapat mercusuar yang menjulang tinggi yang dibangun sejak tahun 1882 untuk navigasi para nelayan dan nahkoda yang melintasi wilayah tersebut. Selain bisa menikmati pantai yang indah, di Pulau ini Anda bisa menikmati snorkling untuk melihat ikan-ikan yang indah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pulau Lengkuas.

Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di tempat ini Anda bisa mengabadikan diri karena terdapat tulisan yang berbunyi “Welcome To Belitong”. Di sini hamparan pasir putihnya sangat luas sehingga dimanfaatkan oleh anak-anak dan orang tua untuk berenang. Sementara di salah satu sisinya terdapat banyak batu-batu besar yang banyak dimanfaatkan untuk berfoto swa foto dan juga dimanfaatkan untuk memancing.
Makan di Pulau Kepayang (Dok. Detik Travel)



Pulau Gede Kepayang. Jika Anda ingin menuju pulau Lengkuas Anda akan melewati Pulau Kelayang. Pulau ini sebenarnya tidak berpenghuni tetapi dijadikan tempat makan atau restoran yang menarik terutama bagi Anda yang ingin menikmati makanan laut atau seafood. Menu yang ada di sini sangat bervariasi dan yang menurut saya paling favorit adalah tumis genjer dan sea foodnya.

Pulau Pasir

Pulau Pasir. Pulau ini hanya muncul pada saat air laut surut letaknya tidak jauh dari pulau Kepayang. Pulau ini hanya gundukan pasir yang bisa dimanfaatkan untuk swafoto atau selfie. Anda bisa berenang di sekitar pantai tersebut. Ketika kami mengunjungi lokasi ini, pengunjungnya sangat padat sehingga kami memutuskan tidak turun ke Pulau ini hanya bisa memandangi dari kejauhan.

SD Muhammadiyah Gantong

Replika SD Muhammadiyah Gantong. SD Muhammadiyah Gantong ini sebenarnya hanya sebuah replika dari sekolah yang ada dalam film laskar pelangi. Karena sekolahan yang ada di film laskar pelangi sendiri sebenarnya sudah dibongkar oleh kru film, tetapi karena desakan dari warga akhirnya Andrea Hirata menyetujui untuk membangun SD Muhammadiyah Gantong seperti yang ada dalam film Laskar Pelangi. Di tempat ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.3.000,- di bawah pengelolaan BUMDes.

Museum Kata Andrea Hirata.  Tempat ini hanya 5 menit dari Replika SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup Andrea Hirata. Di rumah ini Andrea Hirata mulai menyatukan kata demi kata untuk membuat karya-karyanya baik yang dipublikasikan maupun yang tidak di publikasikan. Di sini Anda bisa melihat berbagai foto, gambar, dan tulisan dari media lokal dan internasional mengenai bukunya, filmnya yang berhasil mengangkat pariwisata Belitung.  

Kampung Ahok. Kampung ini tidak begitu jauh dari Museum Kata Andrea Hirata. Kampung ini disebut kampung Ahok karena lokasinya tepat di depan rumah orang tua Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (Gubernur Jakarta Sekarang). Kampung Ahok ini terdiri dari rumah adat Belitung yakni sebuah rumah panggung dengan ornamen khas terbuat dari kayu. Di dalamnya terdapat beberapa perlengkapan rumah tangga seperti meja, tempat tidur dan lain sebagainya. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati makanan khas atau oleh-oleh Belitung yang bisa dibawa pulang.

Danau Kaolin (Foto Muhyidin)

Danau Kaolin. Danau ini sebenarnya bekas penambangan clay atau kaolin. Kaolin merupakan bahan baku cat dan kosmetik. Tetapi bekas-bekas penambangan tersebut menghasilkan danau-danau yang sangat indah. Warnanya pada siang hari terlihat berwarna biru toska. Walaupun ini merupakan salah satu kerusakan alam tetapi memiliki keindahan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara Tanjung Pandan. 

Itulah obyek-obyek wisata yang menarik di Belitung yang bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Get notifications from this blog