√ Cadas Gantung, Obyek Wisata yang Terkenal Karena Media Sosial - Perlu Piknik

Cadas Gantung, Obyek Wisata yang Terkenal Karena Media Sosial

Cadas Gantung

Obyek wisata baru yang sedang booming di Majalengka sebenarnya sangat banyak karena memang kabupaten ini memiliki wilayah yang berbukit, gunung, dataran tinggi dan rendah yang menarik dikunjungi. Tetapi hanya ada beberapa obyek wisata yang menarik para pengunjung karena peran serta media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram.

Media sosial yang paling menarik untuk menampilkan foto-foto menarik adalah Instagram, dan ada beberapa obyek wisata yang menjadi terkenal karena media sosial tersebut. Salah satu tempat yang ramai dibicarakan di Instagram adalah Cadas Gantung.

Cadas Gantung sendiri berada di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Indramayu. Untuk menuju ke obyek wisata ini cukup mudah. Jika Anda dari Majalengka, Anda tinggal ambil kiri saat berada dipertigaan Pasar Raja Galuh. Posisinya sebelah kanan setelah Pasar Leuwimuning, Polsek Leuwimunding. Sementara jika dari Parapatan, Anda akan menemukan lokasi menuju Cadas Gantung setelah melewati SDN Mirat III di sebelah kiri jalan.

Jalan menuju Cadas Gantung
 
Tetapi akses menuju ke lokasi hanya bisa dilalui kendaraan pribadi. Bus besar, bus kecil atau elf pun tidak bisa masuk ke lokasi ini. Maka tidak heran banyak pengunjung ke obyek wisata ini menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi. Saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain di jalan menuju lokasi Cadas Gantung, Anda akan kesulitan karena jalannya sangat sempit.

Para pengunjung kebanyakan adalah para remaja yang ingin foto selfie (swafoto) atau wefie bareng teman-teman kemudian foto dan videonya diunggah ke Instagram. Di bukit ini bahkan Anda tidak usah khawatir dengan sinyal seluler karena hampir semua sinyal operator cukup kuat di tempat ini. Sehingga Anda bisa langsung memajang foto atau video media sosial yang dimiliki agar teman atau keluarga Anda mengetahuinya.

Loket masuk ke Cadas Gantung

Untuk menuju ke lokasi Cadas Gantung kita hanya dibebani tiket masuk sebesar Rp.5.000,- dan kendaraan untuk sepeda motor Rp.3.000,- dan mobil Rp.5.000,- yang dikelola karang taruna desa setempat. Sementara Cadas Gantungnya dikelola oleh Perum Perhutani.

Untuk menuju ke Cadas Gantung disarankan tidak saat setelah turun hujan karena tempat jalanan menuju ke tempat ini menjadi licin dan cenderung becek sehingga kurang nyaman terutama bagi Anda yang menggunakan alas kaki yang tidak memiliki kemampuan anti slip.

Perjalanan menuju ke puncak bukit

Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meteran untuk sampai ke lokasi pembelian tiket ke Cadas Gantung. Setapak demi setapak anak tangga harus dilalui dari tempat pembelian tiket masuk. Tetapi saat berada di bagian pertama Cadas Gantung Anda akan menyaksikan keindahan hamparan pemandangan dan indahnya perbukitan yang sangat indah.

Di tempat ini Anda bisa berfoto ria sendiri atau bersama teman-teman. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya Anda datang ke tempat ini bersama teman untuk mendapatkan foto yang bagus karena anglenya bisa lebih banyak jika ada orang yang mengambil fotonya. Ada juga celah-celah batu besar yang mengingatkan saya pada obyek wisata di Belitung. Bedanya kalau Belitung di Pantai sementara di tempat ini di bukit.


Setelah puas berfoto di tempat ini, kita naik beberapa meter dan Anda akan mendapatkan spot yang menarik untuk foto di sebuah batu besar. Anda bisa mengambil dari bawah atau dari atas. Cuma kita harus berhati-hati agar tidak terpleset dan jatuh karena posisinya berada di atas bukit yang terjal.

Naik ke atas lagi Anda akan menemukan sebuah spot menarik untuk foto. Dimana di tempat ini terdapat sebuah saung yang berada di pinggir bukit. Dengan pemandangan keindahan desa dan bukit yang hijau. Sangat ini jika Anda foto ditempat ini dan hasil fotonya bisa dijadikan foto DP (Display Picture) media sosial atau aplikasi perpesanan Anda yang akan menarik orang lain untuk datang ke tempat ini.


Tempat yang paling menarik berikutnya adalah Puncak Cadas Gantung. Di tempat ini ada sebuah bendera merah putih yang terpasang di pepohonan dan besi pengaman. Tujuannya besi pengaman ini adalah agar pengunjung tidak menginjak batu yang bisa membahayakan dirinya.

Lokasi ini sangat indah untuk foto selfie atau wefie, tetapi jika pengunjungnya sangat banyak sebaiknya bergantian karena bisa membahayakan semua pengunjung. Karena jika kelebihan beban bisa saja batu dan tanah penyangga yang ada di bawahnya retak dan longsor.

Pemandangan Indah dari Cadas Gantung

Pemandangan dari tempat ini sangat indah apalagi pada saat hari masih pagi, udaranya masih segar dan cuacanya belum terik. Selain foto Anda juga bisa mengambil video yang menawan karena pemandangnya sangat indah.

Di bagian atas Anda juga bisa menikmati saung-saung yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga atau teman. Saung yang terbuat dari bambu ini masih baru dan sangat bagus untuk foto selfie atau wefie bersama teman atau keluarga. Anda bisa mengambil foto dengan background bukit atau pemandangan alam pedesaan tinggal sesuaikan dengan keinginan Anda. Taman di bawahnya menarik untuk jadi obyek fotografi.

Melihat pemandangan dari Bukit Cadas Gantung

Di tempat ini Anda tidak usah kebingungan untuk mencari makanan dan minuman ringan jika Anda tidak membawa perbekalan. Karena di tempat ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman yang lokasinya di atas bukit Cadas Gantung ini.

Saya yakin Anda tidak akan menyesal untuk datang ke Cadas Gantung yang terletak di Kabupaten Majalengka ini. 

Get notifications from this blog