Home » » Tidak Usah Ke Thailand Untuk Melihat Patung Budha Tidur, Karena Ada di Mojokerto

Tidak Usah Ke Thailand Untuk Melihat Patung Budha Tidur, Karena Ada di Mojokerto

Patung Budha Tidur Mojokerto (Dok. Didno)

"Tidak usah ke Thailand untuk melihat Patung Budha Tidur" Itu ungkapan bahwa di Indonesia juga ternyata ada patung Budha tidur, jadi tidak harus ke Thailand kecuali bagi mereka yang memiliki uang lebih atau jalan-jalan ke negeri yang dikenal dengan negeri Gajah Putih tersebut. 

Di Indonesia sebenarnya ada beberapa patung Budha tidur, salah satunya adalah di Mojokerto. Tepatnya di Jl. Raya Trowulan Siti Inggil Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. 


Lokasi Patung Budha Tidur sebenarnya tidak terlalu jauh dari Jalan Veteran yang menghubungkan Jombang - Surabaya. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Museum Trowulan Mojokerto, Kolam Segeran dan Makam Panjang Trowulan (Prabu Brawijaya V). 

Di sekeliling patung Budha Tidur ada kolam air (Dok. Didno)

Tiket masuk ke lokasi Budha Tidur Mojokerto sangat terjangkau yakni hanya Rp.3.000,- untuk orang dewasa, dan Rp.2.000,- untuk anak-anak. Sedangkan parkir sepeda motor hanya Rp.2.000,- dan mobil Rp.5.000,- pada saat saya berkunjung ke lokasi ini. 

Gazebo Khusus Bhikku bermeditasi (Dok. Didno)

Patung Budha tidur Mojokerto ini dibuat oleh pengrajin asal Trowulan yang bernama YM Viryanadi Maha Tera dan diresmikan pada tanggal 31 Desember 1989 oleh Bhante Ashin Jinarakkhita dan Gubernur Jawa Timur. Patung ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tingginya 4,5 meter.

Banyak bunga teratai di sekitar patung Budha Tidur (Dok. Didno)

Patung ini menggambarkan Buddha Gautama yang sedang berbaring, patung ini dibuat menggunakan beton. Kemudian seluruh bagian dari patung ini dicat warna kuning keemasan. Sedangkan pada bagian bawah patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum Karmaphala dan hukum timimbal lahir. 

Gazebo yang ada di kompleks vihara (Dok. Didno)

Posisi patung ini berbaring dengan posisi tubuh miring ke arah selatan dan kepala bersandar di atas bantal yang disangga menggunakan lengan kanannya. Di sekitar patung terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang menggambarkan laut dimana abu Sang Buddha Gautama dilarungkan.

Tempat duduk di lokasi vihara (Dok. Didno)

Lokasi ini sebenarnya bukan hanya Patung Budha Tidur tetapi merupakan Kompleks Maha Vihara Majapahit. Di lokasi ini terdapat miniatur Candi Borobudur, penginapan para bikkhu, beberapa gazebo yang digunakan bikku untuk bermeditasi, dan tentu lokasi pemujaan.

Miniatur Candi Borobudur di sekitar kompleks vihara (Dok. Didno)

Nah jika Anda sedang jalan-jalan ke Mojokerto, tidak ada salahnya kalau singgah ke lokasi wisata Patung Budha Tidur atau Kompleks Maha Vihara Majapahit ini.
Gedung Sasono Bhakti di Kompleks Vihara (Dok. Didno)

Karena pengunjung yang datang ke lokasi ini bukan hanya penganut agama Budha saja tetapi banyak yang datang lintas agama dan juga datang dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga wisatawan mancanegara. 

0 Comments:

Post a Comment