Home » » Tidak Pernah Bosan Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Tidak Pernah Bosan Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Pemandangan asri dan menawan di Kebun Raya Cibodas (Dok. Didno)

Kebun Raya Cibodas – Karena seringnya sehingga lupa menghitung sudah berapa kali berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas yang terletak di kabupaten Cianjur Jawa Barat sangat cocok untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. 

Saat ini harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas sebesar Rp.16.500,- per orang sedangkan untuk kendaraan pribadi atau mobil dikenakan tiket dikenakan biaya Rp.16.000,-. Sementara itu untuk kendaraan sepeda motor dikenakan tiket Rp.5.000,-.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas ada dua pintu masuk, bisa melalui Jalan Agropolitan Desa Sindanglaya dan Jalan Kebun Raya Cibodas. Perbedaannya jalan Argopolitan hanya bisa dilalui oleh kendaran mobil dan sepeda motor, sedangkan jalan Kebun Raya Cibodas kendaraan bus bisa masuk hingga ke tempat parkiran. 


Kali ini saya dan keluarga masuk dari Desa Sindanglaya Cipanas, karena lokasi yang dituju untuk makan dan main bersama tidak jauh dari Pintu Masuk Desa Sindanglaya. Lokasi ini menjadi tempat favorit keluarga karena terdapat lapangan yang luas, danau dengan air mancur dan tempat berteduh di bawah pohon rindang. 
Kebun Raya Cibodas (Dok. Didno)

Lapangan yang luas dengan rumput yang hijau di Kebun Raya Cibodas bisa digunakan untuk bermain sepakbola, berbagai macam pemainan, atau kegiatan lainnya. Tidak hanya itu di sekitar tempat ini terdapat beberapa orang yang menyewakan kuda untuk berkeliling lapangan Kebun Raya Cibodas.

Makan Bareng di Kebun Raya Cibodas

Kami sekeluarga terlebih dahulu makan bersama atau istilah Bahasa Sundanya “Mayoran”. Dengan menu makanan yang dibawa dari rumah seperti terong balado, ayam goreng, sambal dan lalapan menjadikan acara kumpul bersama keluarga menjadi berkesan.

Foto bareng keluarga (Dok. Didno)

Setelah itu, anak-anak bermain sepakbola, bermain balon, foto bersama, mengelilingi lapangan dan danau yang jaraknya tidak jauh dari lokasi tempat makan bersama. Setelah itu mereka berkumpul kembali di tempat makan untuk makan rujak atau asinan. 


Belum puas rasanya jika ke Kebun Raya Cibodas jika tidak menyusuri pohon-pohon rindang yang ada di sekitar lapangan tersebut pasalnya beberapa adegan film layar lebar atau televisi sering mengambil seting di tempat ini, makanya jangan lewatkan untuk mengambil foto di lokasi tersebut. 


Kemudian ada lokasi lagi yang sering terlewat oleh pengunjung karena luasnya Kebun Raya Cibodas yakni Curug Ciismun dan Rumah Kaca yang sebenarnya tidak jauh dari lapangan utama tersebut. Lokasi Rumah Kaca berada di belakang bangunan dua rumah besar atau villa tidak jauh dari lapangan utama.

Ada beberapa bangunan Rumah Kaca yang didalamnya berisi berbagai macam tanaman yang sedang dikembangkan oleh pihak pengelola Kebun Raya Cibodas seperti tamanan kaktus, anggrek, bunga sakura dan lain-lain.

Tanaman di Rumah Kaca Kebun Raya Cibodas
Bagi Anda yang ingin melihat bunga sakura mekar di Kebun Raya Cibodas baik yang ada di taman Sakura atau di tempat pengembangbiakan, Anda sebaiknya datang pada bulan Januari – Februari atau Juli – Agustus setiap tahunnya. Lamanya bunga Sakura mekar di Kebun Raya Cibodas tergantung cuaca yang ada di Kebun Raya Cibodas, semakin sering hujan maka semakin cepat rontok bunga sakuranya.

Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas

Di sekitar rumah kaca terdapat beberapa taman dengan berbagai tanaman dan bunga-bunga yang berwarna-warni. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang hobi dengan foto selfie atau wefie bersama orang tercinta.


Setelah puas mengelilingi rumah kaca, dan taman yang ada di sekitarnya, kami beranjak pulang, tetapi sebelum pulang kami melihat Taman Mawar yang dekat dengan pintu keluar Kebun Raya Cibodas. 
Rumah kaca yang belum difungsikan

Di sekitar Taman Mawar terdapat danau dan rumah kaca yang belum difungsikan. Tetapi tempat ini sangat banyak diminati pengunjung untuk berswafoto, apalagi ada jembatan yang ada di danau tersebut.

Bagi Anda yang merasa lelah mengelilingi Kebun Raya Cibodas, pengunjung bisa naik mobil khusus yang ada di tempat wisata ini. Pengunjung akan diajak berkeliling Kebun Raya Cibodas dari pintu masuk hingga pintu gerbang keluar.

Pedagang bunga di Cibodas

Merasa puas berswafoto dengan keluarga, kemudian kami sekeluarga meninggalkan Kebun Raya Cibodas. Setelah keluar pintu gerbang, Anda akan disuguhi berbagai macam penjual oleh-oleh dari makanan, souvenir, bunga, sayur-sayuran, kaos, dan lain-lain yang membuat kami tidak pernah bosan datang ke Kebun Raya Cibodas.

0 Comments:

Post a Comment