Home » » Menikmati Keindahan Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu

Menikmati Keindahan Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu

Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu

Ini kali kedua saya mengunjungi Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu, kalau dulu masih masuk wilayah Kota Sukabumi, sekarang sudah menjadi Kabupaten sendiri yakni Kabupaten Kabupaten Sukabumi dan Pelabuhan Ratu pusat kotanya. Apa yang menarik dari Pantai di sepanjang Pelabuhan Ratu?. 


Pantai di sepanjang Pelabuhan Ratu dari Citepus, Cisolok dan sekitarnya berada dalam kawasan Teluk Pelabuhan Ratu sehingga pengunjung akan menikmati pemandangan yang menarik seolah-olah kita berada di tengah teluk. 



Selain itu pantai laut selatan pulau Jawa terkenal dengan ombaknya yang besar, sangat cocok bagi Anda yang hobi surfing atau berselancar. Tapi bagi Anda yang tidak bisa selancar disarankan tidak berenang di pantai laut selatan ini karena ombaknya yang besar dan memiliki arus yang kuat untuk menyeret pengunjung ke laut. 

Pantai Laut Selatan Karang Hawu

Pantai Karang Hawu memiliki bukit batu karang yang di atasnya terdapat petilasan yang selalu dikunjungi pejiarah atau wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari atas bukit. Pejiarah biasanya datang pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat Kliwon dan Lebaran. 

Lokasi parkir di Camp David Pantai Karang Hawu

Tiket masuk ke Pelabuhan Ratu sekarang gratis, hanya dikenakan biaya parkir dan kebersihan saja untuk mereka yang membawa kendaraan mobil dan sepeda motor. Pantai di Karang Hawu ada dua pengelola, ada yang dimiliki perorangan dan pemerintah desa. 

Harga parkirnya pun berbeda, kalau untuk pengelola individu kendaraan jenis Elf dibanderol dengan harga Rp.40.000,- sedangkan kendaraan mobil pribadi Rp.30.000,- per mobil. Sedangkan tariff parkir yang dikelola pemerintah desa hanya Rp.10.000,- saja. 


Sayangnya selama libur lebaran banyak bermunculan tenda-tenda untuk tempat berteduh pengunjung yang berada di lokasi pantai Karang Hawu yang menyebabkan pantainya terlihat kumuh. Tetapi menurut pengelola wisata dari desa Cisolok, setelah liburan lebaran ini akan dibongkar kembali, yang ada hanya tenda untuk Tim SAR. 

Padahal lebih indah kalau pengelola Pantai Karang Hawu menggunakan payung warna-warni seperti yang telihat di Pantai Gunung Kidul Yogyakarta atau di Bali. Selain terlihat lebih indah dan bersih dan juga instagramable untuk mereka yang hobi fotografi. 

Makan bersama

Kami datang ke Pantai Karang Hawu bersama rombongan keluarga besar, yakni menggunakan 2 kendaraan Elf dan mobil pribadi. Acaranya memang makan bersama atau istilahnya “Botram”. Dengan perbekalan yang sudah dipersiapkan dari rumah. 

Pengamen bersuara merdu di Karang Hawu

Kebahagian makan bersama dengan orang banyak tentu sangat menyenangkan. Apalagi kami dihibur dengan pengamen di Pantai Karang Hawu yang memiliki vocal yang merdu diiringi gitar kecil dan kendang dari paralon. 

Bermain di tepi Pantai Karang Hawu

Setelah makan mereka bernyanyi dan berjoget bersama yang membuat kami sekeluarga merasa terhibur. Sementara itu anak-anak kecil bermain pasir, dikubur di pasir, dan ada juga yang bermain bola di pinggir pantai. 

Foto Bersama 

Di akhir acara kami sekeluarga berfoto bersama sebelum kami kembali ke rumah masing-masing. Ada pula yang foto bersama keluarga kecilnya masing-masing. Itulah keseruan berwisata ke Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu.


0 Comments:

Post a Comment