Home » , » Savoy Homann, Hotel Heritage di Pusat Kota Bandung

Savoy Homann, Hotel Heritage di Pusat Kota Bandung

Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung (Dok. Didno)

Hotel Savoy Homann Bandung - Bicara hotel bersejarah tentu ada beberapa hotel heritage yang ada di kota Bandung. Salah satu hotel yang dikenal masyarakat luas sebagai hotel bersejarah karena pernah digunakan oleh pejabat petinggi negara Asia Afrika maka jawabannya adalah Hotel Savoy Homann. 





Savoy Homann berdiri sejak 1871 yang didirikan oleh keluarga Homann yang berasal dari Jerman yang pindah ke Bandung pada tahun 1870. Hotel menjadi tempat bersejarah Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika yang digelar pada tahun 1955 lalu. Para petinggi negara bahkan berjalan kaki dari hotel menuju ke lokasi konferensi yang kini digunakan sebagai Museum Konferensi Asia Afrika.

Presiden Soekarno sedang menuju ke KTT Asia Afrika dari Savoy Homann Bandung (Dok. luk.staff.ugm.ac.id)

Menariknya lokasi Hotel Savoy Homann yang bergaya art deco kini bernama Savoy Homann Bidakara Hotel berada di pusat kota, dekat dengan alun-alun dan masjid besar Bandung. Selain itu lokasi hotel juga dekat dengan jalan yang paling terkenal di Kota Bandung yakni Jalan Braga yang kini menjadi pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong anak muda pada malam hari.

Suasana di Reception Savoy Homann

Ada beberapa tipe kamar di Hotel Savoy Homann yakni Deluxe Room, Executive, Junior Suite, Suite dan Homann Suite. Jika Anda ingin merasakan sensasi kamar yang pernah ditempati presiden atau kepala negara Asia Afrika maka Anda silakan mencoba kamar Homann Suite.

Lorong menuju ke Kolam Renang dan Garden Restaurant di Savoy Homann

Presiden Soekarno mengingap di kamar nomor 244, sedangkan Perdana Menteri RRC Zhou Enlai menempati kamar nomor 344 yang terletak di lantai 3. Sedangkan delegasi dari India yang dipimpin oleh Jawaharlal Nehru menginap di kamar 144.
Homann Suite (Dok. SavoyHomannBandung.com)

Sekarang kamar yang digunakan oleh Presiden Soekarno, Zhoe Enlai dan Jawaharlal Nehru tersebut diberi nama Homann Suite dengan harga Rp.5.500.500net. Ada empat tipe kamar lagi yakni Executive dengan harga Rp 1.750.000 net, Junior Suite dengan harga Rp.1.900.000 net dan harga kamar Suite Rp.2.250.000 net sudah termasuk breakfast atau sarapan pagi untuk 2 orang.

Buku tamu dengan tanda tangan kepala negara KTT Asia Afrika Tahun 1955 (Dok. Mas Eko)

Bukti kehadiran Presiden dan Kepala Pemerintahan dari berbagai negara masih tersusun rapih di Golden Book yang kini dipajang di dekat dengan lobby hotel sebagai dengan diberi kaca penutup agar buku tamu tersebut tidak cepat rusak.

Menikmati suasana kamar deluxe Hotel Savoy Homann

Sementara kamar yang ditempati oleh penulis adalah kamar 374 yakni kamar Deluxe Room yang harganya Rp.1.350.000 net. Di dalam kamar terdapat dua tempat tidur atau twin bed yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti televisi, dan AC.

Kamar Deluxe Savoy Homann

Selain itu di dalam kamar, para tamu akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti air mineral, teh, kopi, krimer dan gula yang sudah disiapkan di dalam nampan dengan water jug listrik yang ditempatkan tidak jauh dari lemari. Di dalam lemari terdapat sleeper, dan safe deposite box untuk menyimpan barang berharga di kamar.

Kopi dan teh

Sementara itu di dalam kamar terdapat berbagai guest supplies yang lengkap seperti sabun, shampoo, shower cap, tooth kit, tooth pick atau tusuk gigi, comb atau sisir, serta handuk yang cukup lengkap termasuk bath towel dan bath mat.

Guest Supplies

Di dalam kamar selain ada televisi flat, terdapat juga akses wi-finya cukup kencang yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengakses pekerjaan, menerima dan mengirim e-mail, menonton Youtube dan berselancar di dunia maya.

Menu sarapan pagi di Hotel Savoy Homann

Selain menikmati kamar yang bersih dan fasilitas lengkap, tamu hotel juga akan mendapatkan breakfast atau sarapan pagi dengan variasi menu yang lengkap. Dari menu tradisional, menu western atau barat, makanan penutup, serta kopi dan teh.

Menu Risjttafel Savoy Homann

Jika Anda datang pada siang hari dan ingin mencoba menu khas dari Savoy Homann yakni Risjttafel ala Keluarga Homann, Anda dapat memesan menu tersebut yang biasanya disajikan untuk tamu kehormatan dan pemilik hotel saja. Tetapi kini menu Risjttafel tersebut bisa dinikmati oleh siapa saja dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya Rp.350 ribu untuk 5 orang.


Bagi pengunjung atau tamu hotel yang ingin menikmati makan malam dengan keluarga atau orang tercinta, rekan kerja atau menjamu tamu, Savoy Homann Bidakara juga menyediakan dinner BBQ all you can eat (makan sepuasnya) dengan harga hanya Rp 158.000/pax dan biasanya ada music live. Selain itu ada juga Side Walk Café yang lokasinya berdekatan dengan jalan Asia Afrika, dan Batavia Bar & Lounge.

Garden Restaurant Savoy Homann

Hotel Savoy Homann memiliki fasilitas lain seperti kolam renang untuk anak dan dewasa, fitness center, business center, games center, tempat parkir yang luas dan ruang meeting yang mampu menampung hingga 500 orang.

Buku tamu saat KTT Asia Afrika di Savoy Homann (Dok. Mas Eko)

Nah bagi Anda yang ingin memesan kamar di Hotel Savoy Homann, Anda bisa mengunjungi websitenya secara langsung yakni savoyhomannbandung.com karena Anda akan mendapatkan banyak penawaran menarik termasuk diskon untuk harga kamar.

Website Savoy Homann Bandung 

Website Hotel Savoy Homann Bandung sangat responsive saat dibuka di laptop, computer atau melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Gambar dan layout di website tersebut terlihat berkelas sesuai dengan kesan hotel heritage yang modern.

Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung
Jl. Asia Afrika No.112 Bandung 40261
Jawa Barat No. Telpon 0224232244

4 Comments:

  1. Posisi hotelnya enak ya. Tinggal jalan kaki sedikit ke Jl. Braga atau kalau mau ke alun-alun. Apalagi kalau jalannya malam hari :)

    ReplyDelete
  2. Santai banget Om, wkwkwk.. baca-baca lagi, jadi pen liburan ke Bandung lagi. Duuuhh, liatin makanannya di jam makan siang, makin laperrr eui..

    ReplyDelete