√ Pilihan Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu, Yogyakarta - Perlu Piknik

Pilihan Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu, Yogyakarta



Pergi ke Jogja naik kereta tentu saja jadi hal yang sangat menyenangkan dan banyak dilakukan oleh orang-orang terutama anak muda. Alasannya karena kereta api, menjadi salah satu pilihan transportasi yang murah sekaligus aman dan membuat perjalanan tidak membosankan. Jika kamu memilih untuk pergi ke Jogja naik kereta dan menuju stasiun tugu, tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali pilihan tempat wisata sekitaran stasiun ini.


Jadi setelah turun di stasiun, kamu tentu bisa langsung mengunjungi satu persatu destinasi wisata sekitaran stasiun lalu di hari berikutnya bisa explore Jogjakarta lebih luas. Apa saja rekomendasi tempat wisata Jogja yang dekat dengan Stasiun Tugu? 


Pergi ke jogja naik kereta (Dok. Perlupiknik.com)


Pilihan Tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata sekitaran Stasiun Tugu yang bisa jadi pilihan.




1. Malioboro

Di dekat Stasiun Tugu, kamu bisa mengunjungi Malioboro karena jaraknya hanya 300 meter saja dari stasiun. Pastinya kamu meskipun belum pernah ke Yogyakarta sudah cukup familiar dong dengan yang namanya Malioboro. Di sekitaran Malioboro ini kamu bisa menemukan banyak hal.


Mulai dari kuliner jajanan sampai makanan berat yang rasanya sudah pasti enak, oleh-oleh, karya seni hingga tukang becak dan delman. Dari stasiun ke Malioboro hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di deretan bangku-bangku panjang sekitaran Malioboro.


Tugu Pal Putih dokumen perlupiknik.com


2. Tugu Pal Putih


Selain Malioboro, destinasi wajib yang mau kunjungi apalagi yang baru pertama sekali mendatangi kota ini adalah Tugu Pal Putih. Tugu ini bahkan jadi ikon Yogyakarta yang bisa dicapai dari stasiun sekitar 12 menit saja. Kamu tidak perlu khawatir, meskipun tugu ini berada di tengah jalan namun bisa mengunjunginya hanya untuk sekedar berfoto.


Baik siang maupun malam hari tunggu ini tetap ikonik dan memang punya cerita sejarah panjang. Adapun Tugu Pal Putih ini dibangun di tahun 1755 di mana awalnya bernama Tugu Golong Gilig. 


3. Pasar Beringharjo

Berikutnya
ada Pasar Beringharjo, dimana jarak pasar ini dengan stasiun hanya 1,2 KM saja. Kamu yang ingin belanja apalagi ingin beli batik untuk oleh-oleh maka wajib ke pasar satu ini. Kamu bisa menemukan ragam koleksi barang dari batik mulai dari tote bag, dress, sprei, sandal batik dan masih banyak lagi.


Harga yang dijual juga sangat terjangkau, namun tetap saja kamu harus pintar-pintar menawar untuk mendapatkan harga terbaik.


Dokumentasi Perlupiknik.com


4. Museum Benteng Vredeburg


Tidak jauh dari Stasiun Tugu, kamu juga akan menemukan Museum Benteng Vredeburg. Adapun museum ini lokasinya tepat di sebelah selatan Pasar Beringharjo sekitar 1,6 km dari Stasiun Tugu. Di museum ini, kamu bisa menemukan benteng kuno bernilai sejarah. 


Museum menjadi penanda perjuangan para pahlawan. Dahulunya museum merupakan bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Selain berwisata, tentu saja Anda wajib berfoto dengan latar belakang museum yang tentu sangat keren.


5. Shopping Book Center Yogyakarta

Shopping Book Center Yogyakarta menjadi surga baca bagi kamu yang suka dan hobi membaca buku. Di sini kamu bisa menemukan saja membaca beragam buku dari berbagai genre dan untuk harganya sudah pasti sangat terjangkau. Lokasinya sendiri hanya 1,8 km dari Stasiun Tugu. Jika kamu dari Malioboro maka ke tempat ini hanya perlu waktu 25 menit dengan berjalan kaki dan jika naik transportasi umum maka tentu saja jauh lebih cepat sampai.



 6. Sentra Gudeg Wijilan

Bukan ke Jogja namanya jika tidak sempat mencicipi kuliner khas kota Yogyakarta ini. Kamu tinggal jalan kaki sekitar 26 menit dari Malioboro dan bisa menemukan Sentra Gudeg Wijilan. Di jalan Wijilan kamu akan menemukan deretan warung gudeg khas Yogyakarta.


Direkomendasikan untuk mencoba Gudeg Yu Djum yang paling legendaris dengan rasa gudeg yang sudah pasti enak. 




7. Taman Sari

Taman Sari jadi destinasi wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Dan tempat wisata ini lokasinya juga cukup dekat dari Stasiun Tugu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari stasiun. Taman Sari ini merupakan taman air yang masih berada di kawasan Keraton Ngayogyakarta.


Taman Sari sudah pasti sangat ikonik dan legendaris karena dibangun sejak masa pemerintahan Hamengkubuwono I. Kegiatan paling menyenangkan di taman ini adalah berfoto dengan yang sangat instagramable. Selain itu kamu juga bisa belajar sejarah di sini karena taman Sari punya fungsi yang berbeda-beda.


Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang dekat dengan Stasiun Tugu. Selain beberapa tempat di atas tentu saja kamu bisa mengeksplor Yogyakarta lebih jauh lagi. Untuk yang ingin ke Jogja dengan naik kereta api maka bisa beli tiket lewat Traveloka.


Beli tiket di Traveloka, tentu jauh lebih hemat karena tidak perlu ke stasiun. Kamu tinggal buka aplikasi Traveloka atau akses melalui website resmi di Traveloka.com setelah itu masukkan alamat tujuan, pilih bangku. Setelah lakukan pembayaran tentu saja  kamu bisa mendapatkan E-tiket untuk melakukan perjalanan.

Get notifications from this blog