√ Menikmati Keindahan Sampah Kerang Laut di Cirebon - Perlu Piknik

Menikmati Keindahan Sampah Kerang Laut di Cirebon

Sentra kerajinan kulit kerang CV Multi Dimensi Cirebon

Ide kreatif itu bisa datang dari mana saja termasuk dari hal-hal yang awalnya tidak dilirik orang bahkan disia-siakan. Salah satunya adalah kulit kerang, yang sebelumnya sampah laut dan tidak banyak dimanfaatkan tetapi ditangan Ir. H. Jaime Taguba kulit kerang diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan tidak disangka semua barang ini bernilai ekonomis tinggi.

Lokasi pengolahan dan toko penjualan kulit kerang dari CV Multi Dimensi yang terletak di Desa Astapada seberang Fly over Tol Tengah Tani Kabupaten Cirebon ini kini menjadi salah satu tujuan wisatawan dari dalam dan luar negeri yang ingin mendapatkan oleh-oleh dari Cirebon.

CV Multi Dimensi Astapada Cirebon

Barang yang dihasilkan dari bahan bakunya berupa kulit kerang ini dibuat berbagai macam barang seperti meja, kursi, kap lampu, hiasan dinding, pernak-pernih di sekitar tempat tidur dan lain sebagainya yang akan membuat siapa saja yang melihatnya dibuat terkagum-kagum dan ingin memilikinya.

Ruang tunggu di depan CV Multi Dimensi

Untuk lebih jelasnya saya akan mengajak Anda untuk melihat-lihat semua barang-barang yang dipajang di toko CV Multi Dimensi. Saat kita akan memasuki pintu masuk toko, kita sudah melihat hasil garapan tangan terampil pekerja pengolahan kerang laut ini berupa kursi dan meja yang indah untuk duduk para pelanggannya. Tapi tidak sedikit dijadikan tempat foto bareng teman-teman di tempat ini.

Kursi dan meja terbuat dari kulit kerang laut

Ketika masuk ke toko ini Anda akan langsung disuguhkan meja dan kursi yang biasanya digunakan untuk outdoor. Selain itu ada beberapa cermin yang berbalut kulit kerang yang sudah disusun sedemikian indahnya sehingga sangat indah. Selain barang-barang tadi ada juga hiasan yang biasa dipasang di sudut ruangan.

Hiasan dinding dari kulit kerang

Pada salah satu dinding di ruangan ini ada sebuah hiasan yang terbuat dari kulit kerang dengan tulisan “Senajan ingsun asale sing-sungkrahe laut Cirebon, nanging ingsun pengen mulya’nang Sapabae kang gelem ngrawati ingsun” atau artinya “Biarpun saya asalnya dari sampahnya laut Cirebon, tetapi saya akan memuliakan siapa saja yang mau merawat saya”.

Kursi dan lampu hias

Di sebelah kanan ruangan ini terdapat berbagai kap-kap lampu yang indah dari kulit kerang. Selain itu ada juga beberapa lampu hias warna-warni yang akan menambah indah ruangan rumah Anda jika memasangnya di ruang tamu atau di kamar tidur.

Lampu hias dari kulit kerang

Kemudian kami masuk ke ruangan utama dari toko ini, dan apa yang dilihat ini benar-benar mahakarya dari para tangan terampil yang membuat sampah laut tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa indahnya. Jangan ditanya masalah harganya, di dalam ruangan ini semua dibanderol dengan harga jutaan rupiah bahkan ada beberapa yang lebih di atas puluhan juta.

Cermin, kaligrafi, kursi dan meja dari kulit kerang

Disini anda akan melihat berbagai macam lampu hias, hiasan ruangan, meja dan kursi, cermin, kerei, yang semuanya terbuat dari bahan baku utamanya kerang. Disamping menggunakan bahan lain seperti kayu dan busa untuk tempat duduknya.

Dinding kamar mandi di CV Multi Dimensi

Ketika sedang melihat-lihat seluruh isi ruangan tiba-tiba saya ingin ke kamar mandi. Tetapi apa yang ada di dalam kamar mandi pun membuat saya takjub lagi karena dinding kamar mandinya terbuat dari hiasan kerang yang sangat indah. Begitu juga dengan toilet bowlnya pun menggunakan bahan yang terbuat dari kulit kerang yang menarik.

Tempat tidur dengan berbagai ornamen di sekitarnya terbuat dari kulit kerang

Setelah dari kamar mandi, langsung menuju ke ruangan yang belum dikunjungi yaitu ruangan yang di dalamnya berisi tempat tidur yang dihiasi dengan pernak-pernik kerang yang menambah indah tempat tidur tersebut. Disini juga terdapat beberapa hiasan untuk acara keagamaan seperti Idul Fitri atau Idul Adha, Natal dan lain sebagainya.

Piring dari kulit kerang

Selepas melihat-lihat ruangan tersebut, saya bergeser kembali ke ruangan yang ada di sebelahnya. Di ruangan ini diisi dengan berbagai merchandise seperti piring dan mangkuk dari kerang, guci, dan hiasan dinding yang semuanya terbuat dari kulit kerang.

Souvenir selain kulit kerang

Tetapi di ruangan ini tidak melulu barang-barang yang terbuat dari kulit kerang, ada beberapa hasil kerajinan lain seperti batik Trusmi, topi, sandal, tas dan lain-lain yang dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Rasanya tidak lengkap dan puas jika berkunjung ke toko kerajinan kerang ini tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Cirebon. 

Get notifications from this blog