√ Menikmati Ketenangan Pantai Sumber Mas Kandanghaur Indramayu - Perlu Piknik

Menikmati Ketenangan Pantai Sumber Mas Kandanghaur Indramayu

Pantai Sumbermas 

Anda mungkin pernah melintas jalan pantura Indramayu. Anda  mungkin sering melihat pantai Eretan Kulon yang letaknya memang sangat dekat dengan jalan bypass pantura tersebut. Tetapi sayangnya pantai yang dekat dengan jalan pantura tersebut tidak alami lagi karena bibir pantainya sudah menggunakan batu-batu penahan ombak untuk menahan laju abrasi.

Tapi tidak jauh dari Pantai Eretan Kulon masih ada pantai yang tersembunyi yang masih alami yang belum banyak dijamah oleh pengunjung karena memang lokasinya agak masuk dan tidak bisa dilalui menggunakan mobil pribadi. Kondisi pantainya masih sangat asri dan sangat tenang cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan ketenangan sambil menikmati keindahan alam.

MTs Negeri Kandanghaur/MTs Negeri 4 Indramayu

Bagi Anda yang penasaran, untuk menuju ke Pantai Sumber Mas atau yang lebih dikenal dengan Pantai Solikin ini bisa masuk dari sebelah MTs Negeri Kandanghaur ada jalan ke arah utara. Sayangnya hanya bisa dilalui sepeda motor atau berjalan kaki sekitar 1 km dari Jalan Pantura.


Bagi Anda yang membawa mobil pribadi Anda harus diparkir di dekat bendungan Sumber Mas. Setelah itu berjalan kaki menuju ke pantai. Anda akan terobati dengan suasana alam yang masih alami seperti lalu lalang nelayan, hijaunya pohon bakau dan indahnya empang-empang menambah keasrian saat menuju lokasi Pantai Sumber Mas ini.


Apalagi jika Anda ke lokasi ini pada sore hari, Anda akan disambut oleh berbagai macam burung yang beterbangan dan hinggap di sekitar pantai ini dari burung bangau, burung Kuntul dan burung-burung kecil lainnya.

Saat melintasi jalan setapak yang hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki, Anda harus berhati-hati karena terdapat jembatan-jembatan kecil. Kalau Anda tidak berhati-hati Anda akan terjerembab ke sungai kecil atau empang. Saat turun hujan tentu tidak bisa menggunakan sepeda motor.


Tetapi ketika sudah dekat dengan pesisir pantai Anda akan menemukan ada beberapa pohon waru yang sedang berbunga yang jatuh ke jalanan sehingga menambah keindahan pantai yang masih asri yang belum terjamah oleh banyak pengunjung ini.


Untuk menuju ke lokasi ini Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Karena lokasi ini belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Padahal potensi ke pantai Sumber Mas ini sangat indah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi ke tempat ini adalah pada saat sore hari atau pagi hari. Anda bisa menikmati keindahan pantai dan empang dengan duduk-duduk di gubuk-gubuk milik para pemilik tambak atau Anda bisa bercengkerama dengan keluarga atau orang-orang tercinta sambil menikmati matahari terbit atau terbenam.


Tempat ini sebenarnya bisa menjadi destinasi wisata yang mengasyikan jika pemerintah desa setempat mengelola dengan baik, bukan tidak mungkin pantai ini akan menjadi obyek wisata yang menjanjikan terutama untuk Kecamatan Kandanghaur dan Kabupaten Indramayu. 

Get notifications from this blog