√ Menikmati Keindahan Waduk Jatiluhur Purwakarta - Perlu Piknik

Menikmati Keindahan Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk Jatiluhur

Mengunjungi Purwakarta rasanya belum lengkap jika tidak datang menikmati wisata air. Salah satu wisata air yang terkenal di Purwakarta selain Situ Buled yang kini sudah disulap menjadi Taman Sri Baduga yang spektakuler tapi ada obyek wisata air lainnya yang menarik yakni Waduk Jatiluhur.

Seperti kita ketahui Waduk Jatiluhur mempunyai berbagai macam manfaat selain untuk menyuplai air bersih di wilayah DKI Jakarta, Bekasi dan Karawang. Selain itu airnya juga dimanfaatkan untuk mengairi sawah di wilayah Jawa Barat bagian utara seperti Karawang, Bekasi, Subang dan sebagian wilayah Indramayu.

Taman di tepi waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dapat digunakan untuk menerangi beberapa daerah di Pulau Jawa dan Bali dengan kapasitas 187 Megawatt. Maka tidak heran jika Waduk Jatiluhur merupakan obyek vital untuk kebutuhan tenaga listrik di Pulau Jawa dan Bali.

Banyak orang yang mancing di waduk Jatiluhur

Masyarakat di sekitar waduk Jatiluhur juga memanfaatkan waduk tersebut untuk mencari nafkah dengan cara membuat keramba jaring apung dan memancing ikan. Mereka memanfaatkan jaring apung tersebut dengan menanam benih ikan seperti ikan emas, nila dan lain-lain. Maka tidak heran banyak keramba-keramba di sekitar Waduk Jatiluhur.


Selain itu tempat ini juga dijadikan sebagai obyek wisata karena memiliki berbagai fasilitas ini dikelola oleh Unit Kepariwisataan Perum Jasa Tirta (PJT) II. Luasnya sekitar 53 hektar, hanya berjarak 9 kilometer dari pusat kota Purwakarta.


Kawasan ini berada di sekitar bendungan utama di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur. Selain memiliki pemandangan yang dikelilingi bukit dan gunung, kampung air Jatiluhur menawarkan beragam fasilitas.
Tempat makan di dekat waduk Jatiluhur

Ada juga wisata edukasi (kunjungan dan penjelasan soal teknologi bendungan dan pembangkit listrik), tempat berkemah dan gedung pertemuan, penginapan (hotel dan bungalow), jelajah perairan, arena bermain anak, memancing, di Water World, juga tempat makan dengan berbagai aneka menu ikan.


Anda juga bisa menikmati keindahan sekitar Waduk Jatiluhur bersama keluarga tercinta dengan bermain ayunan, enjot-enjotan, prosotan dan lain-lain. Jika lelah Anda bersama keluarga bisa istirahat di gazebo yang ada di sekitarnya.


Di sekitar waduk juga terdapat sebuah pohon yang dikelilingi oleh tangga melingkar yang terbuat. Tangga ini akan menuju bagian tengah dari satu pohon yang dapat digunakan untuk foto-foto selfie atau mengabadikan keindahan waduh Jatiluhur.


Bagi Anda yang senang dengan menu ikan bakar, antara lain ikan mas, nila, patin, jambal, dan betutu, di sekitar waduk Jatiluhur juga terdapat restoran dan rumah makan yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Seperti nasi timbel dengan sayur asam, sambal, lalapan, karedok, esteh manis, es kelapa muda dan lain-lain.


Fasilitas wisata di Jatiluhur kini semakin lengkap dengan adanya kerja sama dengan pihak ketiga, seperti outbound, dan adventure yang menawarkan jasa kegiatan di luar ruang, termasuk penyedia jasa permainan, restoran, dan pedagang suvenir. Kegiatan ini biasanya ramai pada saat hari Minggu atau hari libur.



Waduk Jatiluhur sering digunakan oleh para atlet yang akan bertanding di ajang tingkat nasional maupun internasional. Jadi rasanya belum lengkap kalau ke Purwakarta belum berkunjung ke Waduk Jatiluhur.

Get notifications from this blog