√ Perjalanan Menuju Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur - Perlu Piknik

Perjalanan Menuju Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur

Pemandangan di Gunung Padang

Untuk mengunjungi situs megalitikum Gunung Padang Cianjur tidak terlalu sulit. Apalagi jika anda sering bepergian ke Cianjur - Sukabumi pasti melihat tanda di sebelah kiri jalan bertuliskan Situs Megalith Gunung Padang 20 km. Dari Pertigaan setelah pasar Warung Kondang belok ke kiri menuju Cipadang - Cibokor - Lampegan - Pal Dua - Cimanggu kemudian Gunung Padang.

Untuk menuju ke situs tersebut, sebaiknya anda menggunakan mobil keluarga atau yang mempunyai bumper lebih tinggi karena jalan menuju ke situs megalitikum tersebut hampir setengahnya bahkan lebih jalanannya berbatu, sempit dan berlumpur saat turun hujan.

Jalan menuju gunung Padang Cianjur

Tapi pemandangan menuju ke Situs Megalitikum Gunung Padang mengagumkan setelah melewati pertigaan Stasiun Lampegan. Hamparan perkebunan teh yang menghijau dengan bukit-bukit tinggi dan lembah menambah keindahan pemandangan menuju ke Situs Megalitikum Gunung Padang.

Situs Megalitikum Gunung Padang terletak di Desa Cimenteng Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang ini terletak sekitar 50 km sebelah barat daya Cianjur. Punden berundak Gunung Padang dikelilingi oleh lembah dan bukit. Di sebelah tenggara Gunung Malati, timur laut Pasir Malang, barat laut Pasir Pogor dan Pasir Gombong dan sisi barat daya Pasir Empat. Pasir dalam bahasa Sunda artinya bukit.
Gapura Situs Megalith Gunung Padang

Tiket masuk ke situs megalitikum Gunung Padang ini cukup murah, untuk wisatawan lokal hanya dikenakan biaya 2 ribu rupiah, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya 5 ribu rupiah berlaku untuk semua umur baik anak-anak maupun orang dewasa.

Setelah memasuki obyek wisata Situs Megalitikum Gunung Padang, anda akan melihat sumur batu yang digunakan oleh para peziarah untuk mensucikan diri sebelum naik ke Gunung Padang.

Sumur Batu

Ada ratusan anak tangga untuk naik ke Puncak Gunung Padang. Ada dua jalur sebelah kiri dan kanan. Bagi anda yang ingin naik puncak tidak terlalu terjal naik tangga sebelah kanan, sedangkan untuk yang ingin cepat sampai di Puncak naik ke sebelah kiri.

Dari puncak Gunung Padang anda akan menikmati keindahan pemandang ciptaan Sang Maha Kuasa. Hamparan perbukitan dan lembah yang ada di sekitar Gunung Padang sangat menakjubkan. Apalagi setelah melihat batu-batu megalitikum yang menurut para ahli sejarah berumur sekitar 4700 SM.

Sampai saat ini batu-batu megalitikum ini masih menjadi perdebatan apakah ini benar disusun oleh manusia atau karena pergerakan magma dari gunung berapi yang ada di sekitar Gunung Padang tersebut. Tapi apa pun itu kita bisa menikmati kebesaran ciptaan Sang Pencipta dan beruntung masyarakat Cianjur Jawa Barat memiliki situs ini.

Get notifications from this blog