√ Surga Tersembunyi di Pantai Panjiwa Indramayu - Perlu Piknik

Surga Tersembunyi di Pantai Panjiwa Indramayu

Berkemah di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Kabupaten Indramayu tidak hanya dikenal dengan mangga Harum Manis dan Cengkirnya saja, ternyata Indramayu memiliki pesona alam yang menarik untuk dikunjungi adalah pantainya. Ada banyak pantai yang sudah ternama di Indramayu yakni pantai Karangsong, Tirtamaya, Balongan, Dadap dan Eretan.

Kini ada obyek wisata baru yang sedang banyak menjadi perbincangan tidak hanya oleh anak remaja tetapi juga oleh orang dewasa dan orang tua. Obyek wisata ini adalah Pantai Panjiwa Sumber Mas yang terletak di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Indramayu.

Sebenarnya lokasi ini tidak jauh dari jalur pantura Jakarta Cirebon, hanya saja jalan menuju ke lokasi ini belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat apalagi kendaraan berbadan besar. Sementara ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor atau berjalan kaki.

Akses Menuju Pantai Panjiwa dekat MTsN Kandanghaur (Dok. Didno)

Untuk mencapai ke Pantai Panjiwa ini, pengunjung bisa menikmati suasana empang ikan air tawan dan pinggir sungai dengan jarak tempuh sekitar 2 km hingga ke pantai. Karena jalannya masih sempit terkadang kendaraan sepeda motor harus ada yang berhenti dan mengalah salah satunya agar bisa melintasi jalan tersebut.

Tetapi setelah sampai di pesisir pantai Panjiwa, pengunjung akan merasakan keindahan yang luar biasa dan bisa dibilang Surga Tersembunyi di Indramayu. Karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Indramayu.

Berikut 10 alasan pantai Panjiwa Indramayu Layak Disebut Surga Tersembunyi di Indramayu :

Bisa melihat sunset dan sunrise di pantai ini


Sunrise di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Pantai Panjiwa Indramayu ini adalah salah satu pantai yang bisa melihat matahari terbit dan matahari terbenam di pesisir pantainya. Karena bentuknya yang menyerupai huruf U sehingga pengunjung bisa memilih salah satu keindahan alam anugerah dari Sang Pencipta ini, bisa mengunjungi pada pagi hari atau sore hari.  

Jika ingin mendapatkan suasana Sunrise atau matahari terbit, sebaiknya datang ke Pantai Panjiwa sekitar jam 05.30 sudah harus sampai di pantai agar bisa melihat detik demi detik matahari terbit dari sebelah barat. Suasana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengambil momen terbaik pada saat matahari terbit.
Matahari terbenam di Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mendapatkan suasana sunset atau matahari terbenam maka pengunjung harus berada di tempat ini dari pukul 17.30 sambil mencari spot yang menarik untuk mengambil gambar matahari terbenam.

Pantai dengan pesisir pantai yang panjang dan lebar

Pinggir Pantai Panjiwa Sumbermas (Dok. Didno)

Pantai Panjiwa memiliki pinggir pantai yang panjang dengan panjang pantai kurang lebih hampir mencapai 5 km dari ujung ke ujungnya dan pesisir pantainya memiliki ukuran yang lebar sehingga bisa digunakan oleh pengunjung terutama anak-anak bermain pasir dan bahkan bermain sepak bola di pinggir pantai.

Pesisir Pantai Panjiwa yang lebar juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk spot jalan santai atau sekedar berlari-lari kecil. Mereka datang ke tempat ini untuk berolahraga sambil menikmati keindahan pantai yang udaranya masih bersih.      

Pinggir lautnya tidak dalam

Bermain di Pinggir Pantai Panjiwa (Dok. Didno)

Kurang lebih 30 meter dari tepi pantai hingga ke laut lepas, pengunjung bisa berenang dan lautnya tidak terlalu dalam. Bahkan di ujung tiang yang sudah dipasang oleh pengelola Pantai Panjiwa ini kedalamannya hanya mencapai 1 meter sehingga anak-anak pun masih bisa berdiri dan tidak takut tenggelam atau terseret air laut.

Pantai ini memiliki pasir yang lembut

Pasirnya lembut (Dok. Didno)

Pasir yang ada di sepanjang pesisir Pantai Panjiwa ini termasuk pasir yang memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain anak-anak atau sekedar refleksi kaki di antara pasir yang sangat lembut. 

Ombaknya tidak terlalu tinggi dan relatif tenang

Ombaknya tenang (Dok. Didno)

Pantai Panjiwa memiliki ombak yang relatif tenang (kecuali pada waktu-waktu tertentu saja) dan tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok untuk berenang dan berendam bagi anak-anak. Orang tua bisa mengajak anaknya bermain menggunakan ban yang sudah disiapkan oleh pengelola dengan biaya sewa yang terjangkau.

Memiliki hutan mangrove yang cukup luas
Hutan Mangrove (Dok. Didno)

Di sebelah timur dari Pantai Panjiwa ini terdapat hutan mangrove yang cukup luas. Uniknya tanaman mangrove ini memiliki ketinggian di atas rata-rata dari yang ada di pesisir pantai utara Indramayu. Lokasi ini banyak dimanfaatkan anak muda untuk berswafoto atau berwefie ria dengan teman-teman, keluarga atau orang tercinta.

Adanya hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai Panjiwa ini menarik berbagai jenis burung tertentu untuk singgah dan berkembang biak di sekitar pantai Panjiwa atau di hutan mangrove ini, dari mulai burung bangau, Kuntul hingga berbagai burung bertubuh kecil pun ada di sini.

Padang rumput yang cukup luas


Padang rumput yang luas (Dok. Didno)

Pantai Panjiwa memiliki keunikan tersendiri karena memiliki padang rumput yang cukup luas di pinggir pantainya. Lokasi ini berada di sebelah timur dekat dengan hutan mangrove. Pengunjung bisa berswafoto saat pagi hari, siang atau sore hari. 

Bisa digunakan untuk kemah
Bisa digunakan untuk kemah (Dok. Didno)

Pantai Panjiwa ini sering juga digunakan untuk berkemah olehpara pelajar atau sekelompok muda-mudi yang ingin menikmati suasana alam dengan bunyi deburan ombak dan angin semilir pantai yang membuat siapa pun akan terkenang selalu dengan pantai ini. 

Bersantai Di Pinggir Empang
Pemandangan ke Empang (Dok. Didno)

Di sekitar Pantai Panjiwa terdapat beberapa empang milik warga, tetapi karenalokasinya berdekatan maka tempat ini pun sering digunakan untuk menikmati keindahan dan suasana pantai dan empang. Apalagi di tempat ini terdapat kursi yang bisa digunakan untuk duduk dan untuk memperindah foto dengan latar belakang empang dan suasana pantai.

Tiket masuk murah


Tiket masuk hanya karcis parkir motor (Dok. Didno)
Untuk masuk ke Pantai Panjiwa Indramayu ini, pengunjung cukup membayar tiket parkir yang sangat terjangkau yakni hanya sebesar dua ribu rupiah. Tiket ini tidak dihitung berdasarkan jam tetapi seharian pun tetap membayar hanya sebesar itu.  




Itulah beberapa alasan mengapa Pantai Panjiwa Kandanghaur Indramayu layak disebut surga tersembunyi di Kabupaten Indramayu.  

Get notifications from this blog

1 comment

  1. Keren.. kami sklg pun pernah berkemah di pantai panjiwa dan kami menjulukinya pantai PECINTA KESUJIAN JIWA 😊

    ReplyDelete