Home » , » Soto Santan Khas Bojonegoro yang Melegenda dan Menggoda Selera

Soto Santan Khas Bojonegoro yang Melegenda dan Menggoda Selera

Sebagai Warga Negara Indonesia, saya bangga dengan kekayaan kuliner yang dimilikinya. Seribu satu menu, sejuta rasa, itulah kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia termasuk kuliner yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Soto Ayam Rajawali Bu Mar Bojonegoro
Jika Anda berkunjung atau punya rencana untuk berlibur ke Bojonegoro. Lidah Anda akan diajak "traveling" mencicipi berbagai makanan khas yang dimiliki Bojonegoro dan masakan nusantara yang sudah melegenda di sini.

Mulai dari makanan ringan seperti Ledre bisa menemani waktu santaimu di Bojonegoro, hingga hidangan berat berbumbu kacang bisa dijumpai di sepanjang trotoar sampai hotel berbintang. Nah, kesempatan kali ini akan saya kenalkan kuliner yang sangat melegenda di Bojonegoro yaitu Soto Santan Khas Bojonegoro.

Berbicara tentang Bojonegoro, siapa yang belum mengenal dan berkunjung ke sana? Selain dikenal sebagai daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) berupa minyak dan gas bumi baik itu yang pengelolaannya secara tradisional hingga modern, Bojonegoro juga memiliki keanekaragaman kuliner yang khas dan tak kalah lezatnya untuk Anda nikmati lho.

Bagi Anda yang suka menikmati kuliner berkuah, dijamin ketagihan menikmati kuliner primadona di Bojonegoro ini. Sebut saja namnya Soto Santan khas Bojonegoro. Mendengar nama soto tentu kuliner yang satu ini hampir tersebar di beberapa daerah seperti soto lamongan, soto banjar dan sebagainya.

Soto Santan khas Bojonegoro ini rasanya lebih enak apalagi disantap selagi masih panas atau hangat, ditemani dengan kerupuk udang yang gurih. Rasanya pun semakin nikmat apabila dikombinasikan dengan sedikit perasan jeruk nipis dan sambal. Wah, dijamin menggoda selera makan Anda hehehe.

Taburan bawang putih, bawang merah dan daun bawang berwarna hijau menambah saian soto khas Bojonegoro lebih semarak. Belum lagi ditambah aromanya yang beda dengan makanan yang sering Anda jumpai. Aroma gurih yang mengundang lidah Anda untuk mencicipi kuliner Soto Santan Khas Bojonegoro.

Layaknya soto pada umumnya, Soto Santan Khas Bojonegoro berkuah bening berisikan suwiran daging ayam dan potongan telur rebus. Bagi Anda yang suka ampela dan ati bisa juga menambahkannya. Sensasi gurih yang ada pada soto umumnya dengan menambahkan koya, tidak pada Soto Santan khas Bojonegoro ini. Rasa gurih justru didapat dari santan yang ditambahkan kedalam kuahnya. Santan segar dari kelapa ini membuat cita rasa semakin gurih.

Untuk menikmati Soto Santan khas Bojonegoro ini bisa dinikmati dengan versi berbeda-beda. Bagi Anda yang takut gemuk dan takut kekeyangan, Anda bisa menikmatinya dengan ditambahkan lontong. Buat yang doyan atau suka makan dengan porsi besar bisa menambahkannya dengan nasi.

Apa sih yang membedakan Soto Bojonegoro dengan soto pada umumnya?

Jika dilihat dari bumbu dan rempah yang digunakan Soto Bojonegoro sama dengan soto pada umumnya yang menggunakan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, merica dan kemiri. Setelah semua bumbu dimasak, sajian soto siap untuk dihidangkan.

Soto Santan Khas Bojonegoro siap untuk dinikmati
Untuk menyajikan Soto Bojonegoro, masih ada tahap selanjutnya yaitu menambahkan kuah santan ke dalam masakaan soto. Buat yang penasaran dengan raasa Soto Santan Khas Bojonegoro, silakan datang dan berlibur ke Bojonegoro. Kelezatan soto santan ini menunggu kedatanganmu lho.

Bagi yang mempunyai penyakit kolesterol nggak usah bingung dan khawatir. Anda bisa menikmatinya kok asal tidak berlebihan dijamin aman dan rasakanlah sensasi sajian soto yang berbeda dengan soto pada umumnya.

Resep Soto Santan Khas Bojonegoro 

> Bahan yang diperlukan :
1 ekor ayam kampung
5 butir telur ayam
2 ikat daun bawang merah
1 buah kelapa untuk bahan santannya

> Bumbu yang digunakan :
Bawang Merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, lada, pala, daun salam.

Soto Santan khas Bojonegoro bisa didapatkan di :  Soto Bu Mar Jl. Rajawali Bojonegoro, Soto Mbak Cicik Jl. Teuku Umar Bojonegoro dan Soto Rajawali Jl. Mastrip Bojonegoro

Selamat berlibur di Bojonegoro, Jawa Timur. Jangan lupa kontak saya ya, siapa tahu bisa menemanimu. Hubungi aja PerluPiknik ya. (dik/pp)

0 Comments:

Post a Comment