√ Tebing Breksi Yogyakarta, Bekas Tambang Batu Yang Jadi Obyek Wisata Baru - Perlu Piknik

Tebing Breksi Yogyakarta, Bekas Tambang Batu Yang Jadi Obyek Wisata Baru

Tebing Breksi Yogyakarta

Kalau bicara Yogyakarta tentu kita akan dibuat terpesona dengan Keraton, dan Jalan Malioboronya. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, banyak obyek wisata yang menarik bermunculan di Yogyakarta seperti Kawasan Wisata Pantai sepanjang Gunung Kidul, Goa Pindul, Embung Nglanggeran dan masih banyak lagi lainnya. 

Salah satu obyek wisata baru yang muncul beberapa tahun terakhir adalah Tebing Breksi. Lokasinya berada di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari obyek wisata Candi Prambanan yang sudah terkenal ke mancanegara tersebut.

Tangga menuju Tebing Breksi

Tebing Breksi awalnya merupakan tambang batu bagi warga sekitar. Tetapi bekas-bekas tambang tersebut kemudian tersisa tebing-tebing bekas penggalian warga sekitar baik yang menggunakan alat berat atau sederhana. 

Karena lokasinya sering dikunjungi oleh mahasiswa yang berwisata ke Candi Ijo dan lokasi tebing tersebut sering dijadikan obyek fotografi, perlahan-lahan tebing tersebut mulai dikenal oleh para pengguna instagram dan media sosial lainnya. 


Melihat setiap hari banyak mahasiswa dan pelajar yang berselfie ria di sekitar tebing, akhirnya penduduk setempat bersama aparatur desa mulai menata kawasan bekas tambang batu tersebut untuk dijadikan obyek wisata baru. Tiket masuk ke lokasi ini sangat terjangkau alias seikhlasnya, karena belum ditetapkan oleh pemerintah setempat.  

Obyek foto selfie

Tebing Breksi kemudian dibuat anak tangga menuju ke atas tebing. Pemandangan di atas tebing benar-benar menakjubkan. Wisatawan akan dibuat terpesona dengan keindahan alamnya yang menawan. Apalagi pengelola obyek wisata ini sudah membuat spot-spot menarik untuk obyek fotografi seperti bunga-bungaan, love-lovean, bingkai rumah, dan lain-lain. 


Di bagian tebing yang lain dibuat pahatan yang menyerupai ular naga, gambar wayang sehingga terlihat lebih artistik dan menarik para penggemar selfie. Di bagian bawahnya terdapat semacam tempat pertunjukkan seni yang berbentuk melingkar. 

Tempat pertunukkan seni di Tebing Breksi

Tidak hanya itu dibagian tebing yang lain terdapat ayunan angkasa karena berada di bagian atas dan saat pengambilan foto terlihat seperti sedang bermain di atas awan. Ada pula tempat melihat keindahan alam dari balkoni tidak jauh dari ayunan tersebut. 

Ayunan dan balkoni untuk melihat keindahan alam dari Tebing Breksi

Jika Anda memiliki waktu yang cukup, rasanya bisa menaiki tangga lagi untuk menuju ke Candi Ijo yang letaknya hanya sekitar 500 meter dari Tebing Breksi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tebing Breksi adalah pagi hari saat matahari terbit dan pada saat menjelang terbenam. 

Bagi Anda yang hobi bertualang menggunakan kendaraan, maka di tempat ini ada penyewaan mobil jeep untuk 3 – 4 orang dengan biaya sewa Rp.300-350 ribuan tergantung keinginan wisatawan akan berpetualang kemana. Jika hanya berpetualang yang lebih jauh tinggal dibicarakan dengan drivernya. 

Sewa mobil jeep di Tebing Breksi

Tetapi bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar awan dan pemandangan di sekitarnya tentu bisa dilakukan siang hari. Tetapi sebaiknya menggunakan pelindung kepala atau payung jika cuaca benar-benar terik. 

Tetapi jika pengunjung merasa kepanasan maka di tempat wisata ini terdapat banyak tempat istirahat untuk makan atau minum dengan harga yang terjangkau. Bahkan terbilang harganya normal dengan warung-warung di desa. 

Tempat makan di Tebing Breksi

Untuk menuju ke obyek wisata Tebing Breksi ini, Anda bisa menggunakan mobil travel atau mobil berbasis aplikasi. Dari pusat kota biasanya hanya dikenakan biaya sekitar 70 ribu atau sampai 80 ribuan saja. Berikut peta lokasi Taman Tebing Breksi Yogyakarta :

Itulah salah satu obyek wisata menarik di Yogyakarta yang dekat dengan Candi Ijo dan Candi Prambanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut video keindahan Tebing Breksi Yogyakarta : 

Get notifications from this blog