Thursday, January 13, 2022

Wisata Ziarah ke Situ Lengkong Ciamis

 

Situ Lengkong Panjalu


Kabupaten Ciamis memiliki obyek wisata religi yang banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Jawa Barat dan daerah lain. Tempat wisata religi tersebut merupakan peninggalah Sanghyang Borosngora yang terletak Situ Lengkong.

 

Situ Lengkong Panjalu sendiri terletak di Panjalu Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Tidak jauh jalan Panjalu – Kawali.


 

Pada zaman dulu, Raja Panjalu yakni Prabu Cakradewa memiliki putra bernama Sanghyang Borosngora. Dia berguru agama ke Tanah Suci Mekah, kembali ke kampung halaman membawa beberapa oleh-oleh atau cinderamata salah satunya adalah air zamzam. Air tersebut disimpan di dalam gayung batok kelapa tapi bawahnya berlubang yang sekarang dinamakan Gayung Bungbas.



 

Gayung Bungbas merupakan pemberian dari ayahandanya Prabu Cakradewa Raja Panjalu. Setibanya di Panjalu, air zamzam dari dalam Gayung Bungbas itu kemudian dikucurkan di sebuah lembah yang mengelilingi tempat bernama Pasir Jambu. Karena kesaktiannya maka lembah tersebut berubah menjadi sebuah danau, sementara Pasir Jambu yang berada di tengah-tengahnya kemudian diberi nama Nusa Larang atau Pulau Larangan.




 Nusa Larang sendiri pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu pada masa pemerintahan Sanghyang Borosngora. Pulau tersebut kemudian menjadi tempat peristirahatan terakhir jasad para pemimpin Kerajaaan Panjalu yakni Prabu Rahyang Kencana (Putera Sanghyang Borosngora), Raden Tumenggung Cakranagara III, Raden Demang Sumawijaya, Raden Demang Aldakusumah, Raden Tumenggung Argakusumah (Cakranagara IV) dan Raden Prajasasana Kyai Sakti.

 


Tike masuk ke lokasi ini sangat terjangkau hanya Rp.3.000 per orang. Sedangkan untuk menuju ke Pulau Nusa Larang harus menggunakan perahu. Tiketnya Rp.10.000/orang tetapi perahu baru berangkat setelah penumpang 25 orang.


 

Di sekitar Situ Lengkong Panjalu terdapat toko oleh-oleh makanan, cinderamata, dan tempat makan dan berkumpul untuk keluarga, teman dan rekan-rekan kantor. 


Jadi bagi rekan-rekan yang sedang melintas di jalan Panjalu Kawali atau jalan Cikijing Panjalu bisa singgah untuk berwisata atau berziarah ke tempat ini. 


0 Comments:

Post a Comment