Friday, January 7, 2022

Ini Dia Hal Menarik Wisata Religi Ke Pamijahan

Goa Safarwadi Pamijahan


Nama Pamijahan selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah baik dari daerah sekitar Tasikmalaya, atau dari daerah lain di Jawa Barat atau daerah lain di tanah air.

 

Obyek wisata religi Pamijahan terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat.  

 

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, selain berziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi, juga terdapat goa yang diberi nama Goa Safarwadi.  

 


Untuk mencapai ke lokasi wisata religi tersebut, bisa melalui jalan dari Tasikmalaya atau dari Garut.  Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan atau busnya di Terminal Pamijahan.



Di tempat ini, terdapat banyak tempat penginapan, tempat makan dan minum serta oleh-oleh untuk para pengunjung.


 

Karena datang sudah malam maka kami menginap di salah satu penginapan dengan harga Rp.150.000 per malam sudah termasuk Kasur dan bantal, serta ruang tamu yang bisa digunakan untuk tempat tidur. Kamar mandinya berada di luar kamar tidur tetapi lokasinya hanya bersebelahan.  


Bagi rekan-rekan yang ingin menginap di Penginapan Bunda bisa menghubungi pemiliknya yakni Bapak H. Asep Pamijahan  No. Telpon. 081322488239

Gerbang pertama menuju tempat ziarah

 

Keesokan harinya baru melakukan ziarah ke Makam Syekh Abdul Muhyi dan Goa Safarwadi. Untuk sampai ke Makam Syekh Abdul Muhyi kita akan melalui jalan yang di kanan kirinya terdapat banyak orang yang berjualan, baik oleh-oleh, perlengkapan ibadah seperti baju koko, mukenah, kopiah dan lain-lain.


 

Bagi Anda yang biasa merokok sambil jalan, di tempat ini ada lokasi yang dilarang untuk merokok karena aturan adat.

 


Sebelum menuju ke Makam Syekh Abdul Muhyi, pengunjung menghadap ke kunci terlebih dahulu untuk didata nama dan asal daerahnya. Pengunjung dipersilakan memberikan infaq seikhlasnya.

 


Bagi rekan-rekan wisatawan yang baru pertama kali datang ke tempat ziarah Pamijahan bisa menghubungi pemandu wisata yang ada disini, salah satunya Kang Ajat dengan nomor telpon 082123808756.  


Nah sekarang apa yang menyebabkan banyak orang berziarah ke tempat ini. Berikut ulasannya :

 


Pertama, Nama Pamijahan tidak lepas dari nama Syekh Abdul Muhyi yang merupakan salah satu keturunan dari Rasulullah SAW.

 


Kedua,  Terdapat makam Syekh Abdul Muhyi yang dikenal sebagai waliyullah dan penyebar Agama Islam di Pamijahan dan sekitarnya. Sebelum datang ke Pamijahan, Syekh Abdul Muhyi sempat menyebarkan agama Islam di Desa Darma Kuningan, Pamengpeuk Garut, dan Batuwangi.

 


Ketiga, Terdapat goa Safarwadi yang terletak di bawah Gunung Mujarod yang memiliki arti tempat penenangan, di tempat ini Syekh Abdul Muhyi sering taqorub mendekatkan diri kepada Allah.


 

Keempat, Goa ini dulunya sebagai tempat beribadah para wali, salah satu buktinya terdapat masjid dan mimbar di dalam goa.

 

Sewa petromax sebelum ke goa

Kelima, Goa ini pernah menjadi tempat pertemuan para wali dibuktikan dengan adanya jalan yang menghubungkan ke Mekah, ke Surabaya, ke Cirebon dan ke Banten.

 

Pemandangan menuju ke Goa Safarwadi

Keenam, Goa Safarwadi Pamijahan ini digunakan sebagai tempat mendidik santri yang akan disebarkan dalam mengembangkan agama Islam ke seluruh pelsok tanah air.


 

Ketujuh, Di dalam goa ini terdapat air yang menetes dari stalaktit yang dipakai sejak Syekh Abdul Muhyi masih ada dan dipercaya membawa barokah sebagaimana air Zamzam di Mekah.


 

Itulah beberapa alasan banyak wisatawan berkunjung ke Pamijahan. Jangan lupa pulangnya bawa oleh-oleh khas Pamijahan seperti opak, gula kawung, dan lain-lain. Bagi yang penasaran dengan Goa Safarwadi Pamijahan silakan tonton video berikut ini : 

 

0 Comments:

Post a Comment