Tuesday, December 24, 2019

Ternyata di Jombang Ada Pemandangan Menakjubkan di Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi Wonosalam Jombang

Jombang ternyata tidak hanya memiliki wisata religi makam K.H. Abdurahman Wahid atau Gus Dur dan K. H. Hasjim Asy’ari saja. Ada obyek wisata menarik dengan pemandangan menawan dan konsep menghadirkan nuansa Jawa tempo dulu yang diberi nama Kampoeng Djawi.


Kampung Djawi terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Jombang.
Jalan menuju lokasi ini sangat bagus tetapi hati-hati saat mengendara karena jalannya berliku dan banyak pengguna jalan yang membawa rumput. 



Tiket masuk ke Kampoeng Djawi saat kami berkunjung sebesar Rp.50.000/per orang, kabarnya tahun 2020 akan naik menjadi Rp.60.000/per orang. Kampung Djawi sebenarnya sebuah penginapan atau hotel yang menyediakan berbagai fasilitas baik untuk tamu hotel atau juga pengunjung dari luar hotel.

Gapura masuk ke tempat pembelian tiket

Ada beberapa hal menarik saat berkunjung ke Kampung Djawi, pertama dari gerbang masuk untuk pembelian tiket, penunjung akan melihat gapuran layaknya zaman kerajaan-kerajaan tempo dulu. Sebelum masuk ke tempat pembelian tiket penunjung akan melihat kolam kecil dengan background rumah joglo.


Pengunjung yang sudah membeli tiket akan diberikan gelang bertuliskan visitor, dan Anda akan bisa menikmati pemandangan perkampungan orang Jawa tempo dulu. Tidak jauh dari tempat pembelian tiket pengunjung akan menemukan penyewaan alat outbound seperti helm dan senjata untuk permainan paint ball dan flying fox.


Anda juga akan menemukan caping atau topi untuk pergi ke sawah, Anda bisa foto selfie atau wefie untuk mengiasi akun media sosial Anda. Setelah puas berpose di tempat tersebut, Anda langsung menyusuri jalan di Kampung Djawi.

Tempat pertunjukkan

Pengunjung akan menemukan sebuah tempat pertunjukan, yang biasanya digunakan untuk pertunjukan tradisional, dan juga musik modern seperti Jazz. Tempat ini bisa menampung penonton hingga kurang lebih 200-300 orang.

Tempat lesehan

Di sekitar tempat ini terdapat beberapa tempat yang instagrammable seperti tempat angkringan, pos ronda dan lain-lain. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat rumah-rumah Jawa yang bisa digunakan untuk fotografi terutama di bagian terasnya karena terdapat kursi terbuat dari kayu panjang.

Langgar atau Mushola

Tidak jauh dari tempat tersebut, terdapat Langgar atau Mushola yang bangunannya terbuat dari kayu. Menariknya tempat wudhunya terbuat dari gerabah yang biasa digunakan orang-orang Jawa tempo dulu di desa-desa.

Kolam renang di Kampoeng Djawi
Pengunjung bisa melanjutkan lagi jalan-jalannya ke Kolam Renang yang lokasinya tidak jauh dari Langgar atau Mushola. Kolam renangnya memang asyik banget untuk renang bersama teman atau keluarga. Selain airnya yang dingin, juga pemandangnya ke perbukitan yang menakjubkan.

Pool Side Cafe

Di sekitar kolam renang terdapat kafe dengan ornamen jadul atau jaman dulu. Di dalam café tersebut terdapat radio-radio lawas, meja dan kursi jadul, timbangan dan telepon tempo dulu, serta lampu-lampu tempo dulu.


Tidak jauh dari kolam renang terdapat kolam dengan perahu kecil, sayangnya pada saat berkunjung airnya agak surut sehingga tidak bisa mengitari kolam kecil tersebut dengan perahu. Tetapi pengunjung bisa mengambil gambar perahu dan berswafoto di jembatan yang ada di kolam tersebut.


Bergeser ke sebelah utara, pengunjung akan disuguhi pemandangan berbeda yakni lapangan yang cukup luas dengan gazebo untuk santai dan terdapat spot yang instagrammable yakni rumah terbalik. Lapangannya biasa digunakan untuk game peserta outbound.

Rumah terbalik

Itulah keindahan dari Kampoeng Djawi yang ada di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur. Ayo berkunjung dan berwisata ke Jombang Jawa Timur.

0 Comments:

Post a Comment