Thursday, January 6, 2022

Darajat Pass, Obyek Wisata Favorit di Garut

 

Darajat Pass

Setiap daerah memiliki obyek wisata yang unik dan menarik, begitu juga dengan Kabupaten Garut yang ada di Provinsi Jawa Barat. Salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi adalah Darajat Pass.  

 

Lokasi obyek wisata Darajat Pass, terletak di Jalan Puncak Darajat Km. 14, Desa Karyamekar, kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jalan menuju ke lokasi wisata relatif sempit jika ada kendaraan berukuran besar maka salah satunya harus berhenti.


 

Tiket masuk ke obyek wisata pemandian air panas Darajat Pass Rp.30.000 per orang, dan parkir kendaraan pribadi sebesar Rp.5.000.

 


Tempat parkir di obyek wisata Darajat Pass sangat luas yang bisa menampung ratusan kendaraan pribadi dan bus ukuran kecil.  

 


Sekitar obyek wisata terdapat gazebo atau saung untuk tempat istirahat para wisatawan saat menunggu anak-anak berenang di kolam air panas, atau untuk berteduh saat turun hujan. Tetapi ini tentu tidak gratis karena pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp.15.000/jam untuk bisa menempati tempat ini.

 


Dekat gazebo atau saung terdapat beberapa tempat duduk dengan payung berukuran besar, selain itu terdapat kolam renang air hangat dan ember tumpah. Kolam renang ini cocok untuk anak-anak dan orang tua yang menjaga anak-anaknya berenang.

 


Terdapat beberapa prosotan atau srodotan di dalam kolam renang air hangat ini, di sebelah kanan terdapat kamar bilas untuk pengunjung yang sudah renang.

 


Tidak jauh dari lokasi tersebut di bagian atas terdapat dua buah kolam renang lagi. Kolam renang berukuran kecil, dan kolam renang berukuran besar dan cukup dalam.

 


Kolam renang yang kecil sering digunakan untuk anak-anak, sedangkan kolam renang besar dan dalam digunakan untuk orang dewasa yang ingin berenang dan mandi air hangat.

 


Kedua kolam renang ini, airnya lebih panas dibandingkan dengan kolam renang yang ada di bawahnya. Sehingga cocok untuk pengunjung yang terapi dan rileksasi.


Di sekitar kolam renang air hangat terdapat banyak warung dan tempat makanan yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. 



Di bagian atas terdapat beberapa gazebo dan pemandangan taman, sehingga sangat cocok untuk tempat makan dan berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.   

  


Dari lokasi ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan dan indahnya gunung Papandayan yang begitu jelas dari lokasi tersebut.

 


Fasilitas lain yang ada di tempat ini terdapat mushola yang cukup luas dan bersih dan terdapat tempat untuk wudhu. Bersebelahan dengan tempat wudhu terdapat toilet yang terjaga kebersihannya.

 


Secara keseluruhan obyek wisata Darajat Pass di kabupaten Garut ini layak menjadi tempat wisata favorit keluarga, selain hawanya yang sejuk, kolam air panasnya yang dapat bermanfaat untuk terapi dan rileksasi.

0 Comments:

Post a Comment